kievskiy.org

Budi Setiadi, Menanggalkan Kariernya sebagai PNS demi Subang

BUDI Setiadi bisa dibilang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejati. Sejak 1987, pria kelahiran Tasikmalaya ini mengawali kariernya sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang.

Saat itu, ia ditugaskan di bagian staf Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang. Kemudian, Budi Setiadi dipromosikan menjadi Kepala Urusan di pemerintahan Kecamatan Compreng dan Kepala Subbagian Keagrariaan dan Perizinan Sekretariat Daerah Kabupaten Subang.

Dari sana, karier Budi Setiadi kian meroket hingga akhirnya dipercaya menjadi Camat Kalijati, Kabupaten Subang pada 1997-2000. Setelah berhasil memimpin Kecamatan Kalijati, Budi Setiadi kembali dipercaya sebagai Camat. Namun, kali ini ia dipercaya menjadi Camat Pamanukan, Kabupaten Subang.

Puncak kesuksesannya sebagai PNS adalah saat ia dipilih sebagai Kepala Bidang Arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispuspida) Jawa Barat. Kendati demikian, ia rela menanggalkan status PNS-nya untuk maju di Pilbup Subang 2018 sebagai calon wakil bupati.

Alasannya maju di Pilbup Subang 2018 adalah ingin mengamalkan ilmu serta pengalamannya selama ia berkarier di ranah birokrasi dan pemerintah. Pria lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri itu berkomitmen untuk melakukan pembenahan birokrasi yang menjadi modal besar dalam membawa Kabupaten Subang disegani daerah lain.

Salah satu panutan pria yang pernah mengenyam pendidikan di FISIP Unpad ini dalam memimpin Kabupaten Subang adalah mantan Bupati Subang 1993-1998 Abdul Wachyan yang dikenal sederhana dan merakyat.

30 tahun menjadi PNS

Kiprahnya di birokrasi dan pemerintahan memang tidak diragukan lagi. Budi Setiadi telah menjadi PNS selama 30 tahun.

Selama itu pula ia mendapatkan berbagai penghargaan di antaranya penghargaan pengabdian selama 10 tahun dari Bupati Subang pada 1997. Kemudian pada 2014, Budi Setiadi mendapatkan penghargaan Satya Lencana 20 tahun dari Presiden Republik Indonesia, dan penghargaan sebagai PNS Teladan dari Gubernur Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat