kievskiy.org

Operasi Ketupat Lodaya 2018, Seribu Personel Gabungan Diturunkan

SEJUMLAH kendaraan memadati jalur menuju kawasan Puncak, beberapa waktu lalu. Menjelang Lebaran, pemerintah kabupaten memfokuskan perbaikan pada sejumlah jalur, termasuk jalur alternatif sehingga lebih aman dan nyaman untuk digunakan.
SEJUMLAH kendaraan memadati jalur menuju kawasan Puncak, beberapa waktu lalu. Menjelang Lebaran, pemerintah kabupaten memfokuskan perbaikan pada sejumlah jalur, termasuk jalur alternatif sehingga lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

CIANJUR, (PR).- Sebanyak 1.000 personel gabungan diturunkan untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2018. Selain itu, kepolisian dan dinas perhubungan setempat maksimalkan kondusifitas lalu lintas serta jalur menjelang Lebaran.

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Soliyah mengatakan, personel yang terdiri dari 605 personel Polres Cianjur, dan 395 personel dari TNI, Satpol PP, Dishub, dan sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) itu, menekankan upaya preventif yang bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan, dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Cianjur.

"Segala upaya itu, untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif. Sehingga masyarakat juga dapat merayakan Lebaran dengan kondisi yang tentram dan nyaman," ujar dia, Rabu 6 Juni 2018.

Melalui operasi itu, ia berusaha mengoptimalkan bentuk layanan melalui berbagai satuan tugas. Diantaranya  Pengaturan, Pembinaan,Penjagaan dan Patroli (Turbinjali), satgas Keamanan, Keselamatan Ketertiban, dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas), Lidik Sidik, dan Ban Ops.

Tak hanya itu, dijelaskan pula terkait ketersediaan pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Pos Yan) di sepanjang ruas jalur mudik. Soliyah menjelaskan, Polres Cianjur menyiapkan 15 pospam dan 6 pos pelayanan.

"Pospam akan berdiri mulai dari Segar Alam (Ciloto, Puncak) hingga perbatasan Cianjur-Bandung Barat (Rest Area Haurwangi). Sementara Pos pelayanan akan ditempatkan di sejumlah lokasi tujuan wisata, yaitu Kota Bunga, Kebun Raya Cibodas (KRC), Taman Bunga Nusantara, Jangari/Pasir Jawa, Pantai Sindangbarang, dan Pantai Cidaun," kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut dikatakan, jajaran kepolisian tengah mengoptimalkan persiapan kondisi arus mudik dan balik Lebaran. Ia menekankan, Polres Cianjur khususnya mengutamakan tindakan preventif dengan mengedepankan fungsi lantas dan sabhara.

Menurut dia, polisi terus memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada pengendara. Soalnya, disiplin berlalulintas adalah kunci utama keselamatan di perjalanan.

"Sementara untuk antisipasi penumpukan kendaraan di jalur utama, mulai dari Puncak hingga Citarum yang berjarak 50,30 kilometer. Satlantas Polres Cianjur menyediakan dua jalur alternatif untuk tujuan Jakarta," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat