kievskiy.org

Insentif Ketua RT dan RW Cair Akhir Pekan Ini

CIAMIS, (PR).- Ketua RT dan RW di Ciamis boleh lega, karena mendapat insentif untuk lebaran, yang bakal dicairkan mulai tanggal 10 Juni 2018. Sementara itu kalangan aparatur sipil negara (ASN) sudah dapat menikmati tunjangan hari raya (THR).

“Tidak hanya perangkat desa saja yang mendapat insentif, bahkan RT dan RW berikut BPD juga mendapat insentif. Besaran insentif yang diambilkan dari alokasi dana desa,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ciamis Lily Romli, Rabu 6 Juni 2018.

Dia mengungkapkan jumlah Ketua RT di wilayah tatar Galuh Ciamis sebanyak 8.733 orang dan Ketua RW  sebanyak 2.822, sedanhkan BPD sebanyak 258. Besaran insentif, lanjutnya yang dibagikan untuk perangkat desa berikut RT , RW dan BPD sebesar Rp 6 miliar. 

“Perangkat desa selama ini juga mendapat penghasilan tetap (siltap). Kami upayakan insentif masing-masing sebesar Rp 500.000 cair pada tanggal 10 Juni 2018. Jadi memang benar sampai saat ini belum dibayarkan. Kami berharap perangkat desa berikut perangkat lainnya bersabar,” tambahnya.

THR mulai cair hari ini

Terpisah Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman mengatakan pencairan THR bagi kalangan ASN berlangsung mulai Rabu 6 Juni 2018. Total anggaran yang digunakan untuk THR mencapai Rp 56 miliar lebih.

“Anggarannya dari DAU, dan dibagikan mulai hari ini. Kami juga berharap agar THR dimanfaatkan dengan sebaiknya,” kata Asep Sudarman.

Dia menjelaskan sesuai infromasi dari pemerintah pusat pada dasarnya THR tidak ada bedanya dengan gaji ke-14.  Dengan demikian ada perubahan penamaan anggaran dari sebelumnya Gaji ke-14 menjadi THR.

“Selama ini kan ada gaji ke-13 uyang salah satu tujuannya untuk membantu biaya pendidikan, dan gaji ke-14 dibagikan pada saat lebaran. Hanya saja saat ini sudah ditegaskan ada perubahan nomenklatur menjadi THR,” jelasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat