kievskiy.org

Survei LSI Network Sebut Dedi Mulyadi Bintangnya Pilgub Jabar 2018

BANDUNG, (PR).- Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah menganalisa bahwa Pilgub Jabar 2018 telah melahirkan bintang elektoral. Sosok yang menjadi bintang tersebut adalah Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Selain Dedi, Toto juga mengatakan ada sosok Ridwan Kamil dapat disebut sebagai bintang elektoral. Pria berkacamata itu merupakan Gubernur Jabar terpilih versi hitung cepat berbagai lembaga survei.

 Gelar ‘bintang elektoral’ yang dia sematkan ternyata bukan tanpa dasar. Toto memandang, keduanya merupakan figur fenomenal. Sebab, mereka mampu menyumbang insentif elektoral besar bagi pasangannya masing-masing.

 “Kalau kita lihat, ada dua figur fenomenal. Yakni, Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil. Pada dua survei yang kita rilis, mereka penyumbang elektabilitas tertinggi,” ujarnya, Kamis 28 Juni 2018 saat dihubungi.

 Toto memberikan catatan khusus untuk Dedi Mulyadi. Menurut dia, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat itu menjadi faktor determinan perolehan suara Duo DM. Kondisi ini menyusul mentoknya tingkat pengenalan Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

 “Kalau head to head Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar, ini kalah jauh. Syukur ada Dedi Mulyadi yang jika head to head dengan cawagub lain, dia paling unggul. Angka elektabilitasnya 40%,” katanya.

Pengaruh elektoral sosok Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2018 menurut Toto tidak terlalu signifikan. Fenomena ini berbanding terbalik saat aktor peraih Piala Citra itu berpasangan dengan Ahmad Heryawan di Pilgub Jabar 2013.

 “Pada Pilgub Jawa Barat 2013, Deddy Mizwar menyumbang insentif elektoral untuk Ahmad Heryawan. Ini tidak terjadi di pilgub tahun ini. Artinya, andai Dedi Mulyadi tidak punya kantung suara, hasilnya tidak akan selumayan sekarang,” ucapnya.

Kantung suara Dedi Mulyadi yang dimaksud Toto adalah kawasan Purwakarta, Subang dan Karawang. Selain itu, Garut dan pinggiran kawasan Megapolitan menjadi basis elektoral mantan Bupati Purwakarta tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat