kievskiy.org

Pembangunan Infrastruktur akan Angkat Perekonomian Jabar

FOTO udara landasan Bandara Kertajati di Majalengka. PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pengembangan landasan pacu yang mencapai 3.000 X 60 meter di Bandara Kertajati akan rampung pada Oktober mendatang.*
FOTO udara landasan Bandara Kertajati di Majalengka. PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pengembangan landasan pacu yang mencapai 3.000 X 60 meter di Bandara Kertajati akan rampung pada Oktober mendatang.*

JAKARTA, (PR).- Pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah diyakini memacu pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

Untuk mendukung pembangunan yang telah diinisiasi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat setempat, harus bisa memanfaatkan dalam pengembangan usaha lanjutan di kawasan masing-masing.

"Sebagai salah satu penyangga ibu kota, Jawa Barat memiliki posisi strategis, memiliki keterkaitan kuat bukan saja dengan penyediaan bahan baku dan tenaga kerja, tapi juga dengan penyediaan pelayanandan fasilitas publik khususnyatransportasi dan pemukiman. Juga dalam menampung investasi di sektor industri pengolahan dan jasa yang tidak mungkin lagi dikembangkan di Jakarta," ujar pengamat infrastruktur dan Guru Besar ITB Harun Al Rasyid di Jakarta, Rabu 18 Juli 2018.

Beberapa pembangunan infrastruktur besar yang mulai berjalan di era Kabinet Kerja di antaranya pembangunan bandara di Sukabumi, Pelabuhan Patimban Subang, Double Track Kereta Api Sukabumi, Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), dan terbaru Bandara Kertajati.

"Ini sebetulnya merupakan rencana lama tapi tentu saja sangat positif. Cuma satu hal harus ada ruang pemanfaatan bagi masyarakat secara langsung," kata Harun Al Rasyid.

Konektifitas menjadi misi utama dari Kabinet Kerja dalam pembangunan infrastruktur. Salah satu yang akan dimulai pembangunannya pada akhir Juli ini adalah pelabuhan internasional di Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang.

Di lokasi pembangunan Pelabuhan Patimban, areal lahan yang telah dibebaskan mencapai 372 hektare menggunakan dana dari pemerintah pusat. Penetapan lokasinya juga telah dikeluarkan pemerintah pusat sejak 2016 lalu dan Pemprov Jabar.

Pembangunan Pelabuhan Patimban terbagi menjadi beberapa tahapan. Misalnya, untuk Tahap I fase pertama, Pelabuhan Patimban akan memiliki terminal kendaraan dengan dermaga sepanjang 300 meter serta terminal peti kemas 420 X 35 meter.

Fase kedua nantinya akan dikembangkan terminal kendaraan hingga 690 meter. Sementara itu, terminal peti kemas diperpanjang dan diperluas menjadi 1.740 X 35 meter dari total panjang dermaga keseluruhan 4,32 meter. Tahapan- tahapan tersebut diperkirakan selesai pada 2027.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat