kievskiy.org

Lion Air Buka Rute Penerbangan Kertajati-Denpasar Agustus 2018

FOTO udara landasan Bandara Kertajati di Majalengka. PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pengembangan landasan pacu yang mencapai 3.000 X 60 meter di Bandara Kertajati akan rampung pada Oktober mendatang.*
FOTO udara landasan Bandara Kertajati di Majalengka. PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pengembangan landasan pacu yang mencapai 3.000 X 60 meter di Bandara Kertajati akan rampung pada Oktober mendatang.*

MAJALENGKA, (PR).- Layanan penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan bertambah mulai Agustus 2018. Maskapai baru Lion Air membuka rute penerbangan Kertajati-Denpasar Bali juga Kertajati-Surabaya.

Direkur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra, mengatakan pihak Lion Air sudah mengajukan layanan penerbangan untuk dua rute. Yakni Kertajati-Denpasar dan Kertajati-Surabaya, dan sebaliknya.

"Lion Air sudah menyiapkan satu armada untuk masing-masing rutenya. Yakni pesawat jenis Boeing 737 yang memiliki kapasitas sekitar 165 orang," tutur Virda, Minggu 29 Juli 2018.

Lion Air, maskapai berlogo singa merah tersebut, sudah mengajukan jadwal penerbangan pada PT BIJB. Rute Denpasar-Kertajati dijadwalkan lepas landas pukul 10.30 WITA dan tiba pukul 11.10 WIB. Sebaliknya, Kertajati-Denpasar berangkat pukul 15.50 WIB dan tiba pukul 18.30 WITA.

Sementara, untuk rute penerbangan Kertajati-Surabaya, pesawat akan terbang pukul 11.50 WIB dan tiba pukul 13.10 WIB. Sebaliknya, rute Surabaya-Kertajati pesawat akan berangkat pukul 13.50 WIB dan tiba pukul 15.10 WIB.

Sebaran penumpang diyakini meningkat

Sebelumnya, Citilink sudah lebih dahulu melakukan penerbangan reguler sejak 1 Juli 2018 dengan rute Bandara Kertajati ke Bandara Juanda, Surabaya, dan sebaliknya.

Menurut Virda, permintaan layanan penerbangan reguler dari/menuju Kertajati cukup positif sejak diresmikan pada Mei 2018 lalu. Misalnya, okupansi keterisian kursi maskapai Citilink untuk penerbangan setiap harinya mencapai lebih dari 60 persen.

"Permintaan dari pasar ini lebih banyak yang menuju ke Kertajati dari Surabaya ketimbang Kertajati ke Surabaya. Keterisian kursi dari Surabaya ini selalu lebih dari 100 penumpang," ujarnya.

Virda menambahkan, catchment area penumpang mayoritas berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Subang. Dengan hadirnya Lion Air tentu dia meyakini sebaran penumpang Bandara Kertajati akan lebih luas lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat