kievskiy.org

Tasikmalaya Oktober Festival 2018 Meriahkan Hari Jadi ke-17

SETELAH sukses pada tahun-tahun sebelumnya, Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) 2018 kembali digelar. Diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke 17. Yang bertepatan sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Rapat Kerja Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). 

Mengambil Motto “Tasik Kreatif Tasik Resik”, TOF 2018 ini akan menyajikan semua potensi keanekaragaman industri kreatif yang ada di Kota Tasikmalaya yang mencerminkan kreativitas masyarakatnya (Tasik Kreatif), dengan tetap berpegangan pada prinsip “Ramah, Endah, Sehat, Iman dan Taqwa Kerta Raharja” (Tasik Resik) yang sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 7 Tahun 2014 tentang Tata Nilai Kehidupan Masyarakat yang Religius di Kota Tasikmalaya.

Selain itu, Tasikmalaya Oktober Festival 2018 juga akan diramaikan dengan Tasikmalaya Food Culinary yang digelar pada Sabtu 13-18 Oktober 2018, pukul 08.00 - 21.00 WIB. Adapula Muslim Fashion Show yang digelar pada Sabtu 13 Oktober 2018 pukul 19.30 WIB. Gelar Budaya yang digelar pada 14-18 Oktober 2018 juga ikut memeriahkan acara TOF 2018. Pada Minggu 14 Oktober 2018, akan digelar Seminar Potensi Unggulan Tasikmalata dan Rakor Komwil III APEKSI.

Semakin meriah acara TOF 2018 dengan kehadiran Karnaval Budaya-Helaran Budaya yang digelar pada 14 Oktober 2018, pukul 07.00 - 11.30 WIB di Jl. Otto Iskandar Tasikmalaya. Prosesi pembukaan karnaval akan  melibatkan 50 Seniman Tari Tasikmalaya. Adapula Komunitas Lengser, Komunitas Ambu, Kaulinan Barudak/Urang Lembur (Mobile), dan pengiring musik prosesi TOF dari SMK Seni Budaya Tasikmalaya. 

Karnaval Budaya TOF 2018 kali ini akna dimeriahkan oleh Tasik Fashion Carnival dan Tasik Jampana Carnival serta Tasik Fashion Carnival yang menampilkan Busana Kreatif yang indah dan unik yang menggambarkan kekayaan dan potensi Kota Tasikmalaya. Menampilkan Performance para designer dengan mengetengahkan busana Bordir dan Aksesrisnya di bawah instalasi Payung Geulis, Peserta Karnaval terdiri dari OPD di lingkup Pemerintahan Kota Tasikmalaya, dengan Tema Karnaval diantaranya adalah Kupu-kupu, Belalalang, Garuda, Bungan Matahari, Ikan, Pohon, Burung, Elang, Burung Jalak Bali, Burung Merak, Burung Cendrawasih, Kumbang dan lain-lain. 

Tasik Jempana Carnival menampilkan tampilan unik potensi dan kreatifitas masing-masing OPD, dsb, yang diiringi Tampilan Budaya masing-masing kontingen. Sementara itu Helaran Budaya adalah arak-arakan, parade atau pawai. Biasanya pada saat helaran, ada banyak bunyi-bunyian berbagai alat musik kesenian daerah. Selain itu, ada juga penampilan seni tari dan berbagai kreasi daerah dan pawai mobil hias.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat