kievskiy.org

Rencana Penataan Waduk Darma Dongkrak Harga Pasaran Tanah

KUNINGAN, (PR).- Rencana Gubernur Jawa Barat menata Waduk Darma, di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan menjadi danau wisata terbaik di Indonesia, diprediksi bakal meningkatkan nilai jual tanah milik penduduk sekitar waduk tersebut. Terlebih bidang-bidang tanah terakses jalan mobil yang berbatasan langsung dengan sisi area genangan Waduk Darma.

Prediksi itu diungkapkan sejumlah warga di Desa Jagara, salah satu desa sisi timur Waduk Darma, Minggu, 4 November 2018. Mantan Kepala Desa Jagara Umar Hidayat (51) mengungkapkan, harga pasaran tanah tepi jalan berbatasan dengan Waduk Darma di desanya dalam beberapa tahun belakangan ini pun, telah beberapa kali mengalami kenaikan cukup spektakuler.

Pemicunya antara lain karena adanya perkembangan pembangunan infrastruktur jalan disertai pengaruh isu dan rencana-rencana pembangunan berbau wisata.

“Baru ada seorang pembeli tanah dari kota terdengar masyarakat merencanakan tanah yang dibelinya mau dijadikan tempat wisata kecil-kecilan saja, langsung membuat harga pasaran tanah di sini melonjak luar biasa. Apalagi kalau kawasan wisata Waduk Darmanya sudah terwujud seperti direncanakan Pak Gubernur, nilai jual dan harga pasaran tanah  pinggiran Waduk Darma, terutama di desa kami ini pasti semakin mahal,” kata Umar Hidayat.

Terpisah, Camat Darma Didin Bachrudin kepada “PR” mengungkapkan, pihaknya akan mengarahkan masyarakat pemilik lahan di pinggiran area Waduk Darma untuk menjadikan tanahnya menjadi tempat usaha menarik pengunjung wisata.

“Misalmya membuka rumah makan, warung kopi, atau usaha-usaha lain yang bisa memikat pengunjung wisata Waduk Darma dengan mengikuti perkembangan serta tata tertib dan aturan pemerintah,” katanya. Ia juga mengungkapkan prediksi senada yang diungkapkan Umar Hidayat dan warga di desa terkait kenaikan harga tanah.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Desa Jagara Sambas (67) mengungkapkan, harga pasaran tanah di pingiran Waduk Darma di Desa Jagara saat ini sudah menjangkau kisaran Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bata. Adapun satu bata setara 14 meter persegi.

“Bidang-bidang tanah di pinggiran Waduk Darma di Jagara milik masyarakat sekarang juga banyak yang mau dijual, tetapi yaitu harganya mahal-mahal. Ada juga sih yang ditawarkan dengan harga per bata di bawah harga pasaran itu, tetapi luas bidang lahan yang akan dijualnya mencapai hektarean harus dibeli sekaligus,” kata Sambas.

Sebagimana diberitakan, Kawasan Waduk Darma di Kabupaten Kuningan direncanakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan dijadikan danau wisata terbaik di Indonesia. Hal itu dikemukakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di saat membuka kegiatan rutin tahunan even balap sepeda nasional berskala internasional Tour de Linggarjati IV tahun 2018, di lapangan sepak bola Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jumat, 26 Oktober 2018.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat