kievskiy.org

4456 Warga Binaan di Jawa Barat Gagal Mencoblos karena Tidak Memenuhi Syarat

Kakanwil Kemenkumham Jabar Andika Dwi Prasetya usai meninjau proses pencoblosan bersama Forkompida Jawa Barat, di Rutan Kebonwaru Kelas I Bandung, 14 Februari 2024.
Kakanwil Kemenkumham Jabar Andika Dwi Prasetya usai meninjau proses pencoblosan bersama Forkompida Jawa Barat, di Rutan Kebonwaru Kelas I Bandung, 14 Februari 2024. /Pikiran Rakyat/M Iqbal Maulud

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 4.456 warga binaan dari seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di seluruh Jawa Barat tidak dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024. 

Hal ini dikarenakan warga binaan yang tak bisa mencoblos tersebut tidak memenuhi syarat sebagai daftar pemilih.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, Andika Dwi Prasetya mengatakan, pemungutan suara di 33 lapas dan rutan berjalan secara serentak dimulai pukul 07.00 WIB. Dia menyebut, sebanyak 20.324 warga binaan telah menggunakan hak pilihnya di masing-masing TPS di lapas dan rutan.

"Alhamdulilah rekapitulasi DPT, DPTb, dan DPK perhari ini 20.324 orang dari jumlah hunian semua 24.780. Artinya ada yang tidak memilih dikarenakan tidak memenuhi syarat, karena memang diatur persyaratan oleh KPU," ucap Andika usai meninjau proses pencoblosan bersama Forkompida Jawa Barat, di Rutan Kebonwaru Kelas I Bandung, 14 Februari 2024.

Baca Juga: Cek Fakta: Sri Mulyani Mencoblos di AS, Salam Satu Jari 'Kode Alam Semesta'

Dia mengatakan, pencoblosan dimulai secara serentak di lapas dan rutan seluruh Jawa Barat pada pukul 07.00 WIB. 

Kanwil Kemenkumham Jabar pun juga mendorong para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di TPS yang telah disediakan.

"Bisa dipastikan secara serentak mulai jam 7 pagi tadi, seluruh TPS di lingkungan lapas rutan se-Kanwil Jabar sudah melaksanakan pemungutan suara. Dan dipastikan kita dorong partisipasi dari DPT, DPTb, DPK yang sudah ada tersebut aktif memilih seluruhnya. Artinya kita berharap partisipasi pemilih itu 100 persen," kata dia.

Baca Juga: Warga di Sekitar IKN Merasa Terancam, Nyawa Bisa Hilang dan Kesehatan Terganggu

Andika mengatakan, lapas dan rutan di di seluruh Jawa Barat telah melaporkan situasi kegiatan Pemilu 2024. Dia memastikan proses pencoblosan berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat