kievskiy.org

Mau Dibawa Ke Mana Hak Angket?

JAKARTA, (PR).- Pembentukan Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi yang sebelumnya sudah diketuk oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah terus menuai pro kontra di kalangan legislator. Perdebatan ini terus bergerak dinamis sehingga belum bisa dipastikan akan kemana hak angket ini bermuara.

Percakapan yang tengah hangat di antaranya ketidaksolidan fraksi di Senayan untuk mengirimkan anggotanya ke panitia khusus atau tidak. Ketidaksolidan ini berujung pada penundaan Rapat Badan Musyawarah hak angket sampai pekan depan.

Dari tiga fraksi yang sejak awal konsisten yakni PDIP, Hanura, dan Nasdem. Kini bertambah dengan kehadiran Golkar yang Gerindra yang meski menolak, akan tetap mengirim anggotanya ke Pansus. Sementara beberapa partai lain ada yang bersikukuh menolak ada pula yang masih terlihat belum memiliki keputusan final.

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Fary Djemi Francis mengatakan meskipun sudah memiliki keputusan untuk mengirimkan wakilnya, hingga kini pihaknya masih mempertimbangkan siapa wakil yang tepat berada di Pansus nanti. Walaupun menolak hak angket, Djemi menegaskan sikap partainya terhadap hak angket tetap menolak.

"Jika hak angket berjalan terus, perwakilan Gerindra dalam pansus akan mengawal pembahasan angket agar KPK tidak dilemahkan. Itu prinsip kami. Kita kawal dari dalam," kata Djemi.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB, Ida Fauziah mengatakan pihaknya saat ini bersikukuh menolak dan tak akan mengirimkan wakilnya ke Pansus Hak Angket. Meskipun begitu, fraksi PKB juga masih menunggu sikap dari fraksi-fraksi lain terkait hal ini.

"Sikap fraksi terkait ini kan belum diminta karena pansusnya sendiri masih menunggu bamus. Kami akan tunggu rapat bamus berikutnya. Tapi sampai sekarang kita posisinya tidak mengirim anggota ke pansus," ujar Ida.

Pihaknya juga meminta Komisi III sebagai pihak yang menggulirkan hak angket ini dapat melakukan pendalaman jika merasa ada yang salah dengan KPK. "Kami juga minta teman tadi di rapat fraksi untuk melakukan kajian," ucapnya.

Tetap berjalan

Sementara itu, walaupun banyak fraksi yang menolak Hak Angket terhadap KPK, anggota Komisi III DPR, Asrul Sani mengatakan dirinya tetap konsisten dengan apa yang telah disepakati di komisi. Pasalnya sebagai pihak yang menggulirkan hak angket, Komisi III secara pribadi anggota-anggotanya telah menyepakati itu. Sehingga, terlepas dari keputusan fraksinya yakni PPP nanti, Komisi III DPR berpendapat Pansus Hak Angket tetap bisa berjalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat