kievskiy.org

Meninggal Dunia, Asmaniah Hamzah Haz Dikenang sebagai Sosok Sederhana

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo pagi ini, Selasa, 12 September 2017, melayat ke kediaman Hamzah Haz di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Istri dari Wakil Presiden Republik Indonesia ke-9 itu, Asmaniah Hamzah Haz, berpulang pada usianya yang ke-75 di kediamannya sekira pukul 04.30 WIB pagi tadi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden  Bey Machmudin mengatakan, presiden tiba di rumah duka sekira pukul 08.47 WIB. Di rumah duka, Jokowi diterima langsung oleh Hamzah Haz beserta putra ketiganya Hery Herniawan.

Menurutnya, bersamaan dengan kunjungan Presiden, tampak berkunjung pula Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Oesman Sapta Odang. "Usai menyampaikan belasungkawa dan berbincang sejenak dengan Hamzah Haz dan keluarganya, Presiden mendoakan almarhum agar diberikan tempat terbaik di sisi-Nya," kata dia.

Tak lama setelahnya, Presiden Joko Widodo kemudian meninggalkan lokasi untuk memulai kegiatan kepresidenan hari ini. Seperti diketahui, Jokowi akan menyerahkan Surat-surat Kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Non Resident di Istana Merdeka, pukul 10.00 WIB. 

Asmaniah Hamzah Haz atau yang selama ini lebih dikenal dengan panggilan Nani dalam perkawinannya dengan Hamzah Haz dikarunia 9 anak.

Nani menemani Hamzah Haz ketika menjadi wakil presiden mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputeri pada 26 Juli 2001-20 Oktober 2004.

Duka cita PPP

Kabar meninggalnya Asmaniah sebelumnya juga disampaikan Ketua Umum PPP Djan Faridz yang langsung menyatakan rasa duka cita secara mendalam.

"Atas nama ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan dan atas nama Pribadi, kami haturkan rasa duka mendalam serta turut berbela sungkawa atas wafatnya salah satu kader terbaik PPP, ibu Hj. Nani Hamzah Haz," kata Djan Faridz, seperti dilansir Antara.

Ia mengaku sehari sebelum Lebaran Idul Adha dirinya sempat menjenguk almarhumah yang saat itu sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

"Dan pagi ini, kita semua dikejutkan dengan berita duka dari Patra Kuningan," kata Djan.

Ia menilai Ibu Nani Hamzah Haz dikenal sebagai sosok sederhana dan sabar. Beliau itu banyak berjasa kepada bangsa ini khususnya ketika mendampingi Hamzah Haz baik sebagai Wakil Presiden maupun Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan.

Jenazah Asmaniah rencananya akan dibawa ke kediaman di Jalan Kebon Pedes No 26 Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor untuk dishalatkan kedua kalinya, yang sebelumnya dishalatkan di rumah duka di Patra Kuningan XV No 8, Jakarta Selatan.

Selanjutnya Jenazah akan di bawa ke Yayasan Al Ikhlas Jalan Jogjogan Kecamatan Cisarua Bogor untuk dimakamkan di pemakaman keluarga setelah zuhur.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat