kievskiy.org

Jabar Juara Umum Liga Nasional Muay Thai Seri 5

SUBANG, (PR).- Keperkasaan para petarung muay thai Jawa Barat yang menjadi tuan rumah kejuaraan Liga Nasional Muay Thai seri 5 tahun 2016 tak terbendung. Mereka berhasil memboyong Piala Bergilir Wakil Presiden, setelah memastikan diri keluar sebagai juara umum.

Pada kejuaran yang diikuti 21 Provinsi se Indonesia di GOR Gotong Royong Kabupaten Subang, Kamis-Sabtu, 4-9 April 2016tersebut, para atlet muay thai Jabar menempati posisi teratas perolehan medali dengan mengumpulkan 10 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Urutan kedua ditempati Jawa Tengah dengan 2 medali emas, dan 2 perunggu, serta posisi ke tiga DKI Jakarta dengan dua medali emas.
 
Sekjen Pengurus Provinsi (Pengprov) Muay Thai Jabar, Otjid AH Rosyid menyebutkan dari 34 atlet muay thai yang mewakili Jabar, 14 di antaranya berasal dari Kabupaten Subang. Sementara 20 lainnya merupakan atlet dari Bandung, Bogor dan Tasikmalaya.
 
"Prestasi itu bisa diraih dari kerja keras dan semangat. Buktinya kami bisa menjadi Juara Umum, ini kebanggaan luar biasa bagi kami. Semuanya bisa terwujud berkat kerja keras dan semangat anak-anak dalam berlatih," ujarnya.
 
Pengurus Kabupaten Muay Thai Subang, Lilis Sulastri mengatakan prestasi yang ditorehkan anak didiknya itu menjadi kado terbaik untuk hari Jadi Kabupaten Subang ke-68. "Ini. di luar dugaan kami. Jabar bisa meraih 10 emas, dan. enam emas di antaranya dari atlet Subang. Ini buah dari semangat dan kegigihan anak-anak serta doa warga Subang. Ini juga menjadi kado kami buat Subang," katanya.
 
Menurut Lilis, dengan prestasi yang diraih ini menjadi modal besar bagi Pengkab Muay Thai Subang untuk menatap ke depan, sekaligus memacu semangat serta menggerakkan pengembangan muay thai di Subang. "Kami berdiri belum genap setahun, Alhamdulillah sudah bisa memberi yang terbaik untuk Subang. Saya semakin optimis menatap ke depan," ujarnya.

Perwakilan Subang mendominasi peserta dari Jawa Barat

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua PB Muay Thai Indonesia Sudirman mengungkap, sejak Liga Nasional Muay Thai digelar, pelaksanaan di Kabupaten Subang menjadi catatan khusus bagi dirinya. Sebab jumlah atlet pesertanya yang terbanyak.
 
"Ini sejarah sendiri buat kami, kami betul-betul merasa takjub. Selama Liganas, baru kali ini diikuti 150 atlet,  dilakukan sangat baik dan suasana kegiatannya luar biasa. Kalau bisa ketua-ketua pengprov bisa bikin kegiatan minimal seperti ini," katanya.
 
Sudirman memberikan apresiasi kepada pemerintah dan warga Subang yang sudah memberi atensi selama pelaksanaan muay thai seri ke-5 ini. Kemudian sebagai reward, ke depannya di Kabupaten Subang akan dibangun Gedung Nasional muay thai. "Apabila ini terwujud bisa menjadi industri. Saya bayangkan nantinya akan ada dampak bagus bagi warga masyarakat, apalagi bila mampu menggelar event muay thai dengan mendatangkan atlet dari Luar Negeri," katanya.

 

Hasil Lengkap Perolehan Medali Liga Nasional Muay Thai 2016 Seri 5 di Subang :

1.  Jawa barat :  Emas 10, Perak 7, Perunggu 7

2. Jawa Tengah : Emas 2, Perunggu 2

3. DKI Jakarta : Emas 2

4. Banten : Emas 1, Perak 3

5. Nusa Tenggara Barat :  Emas 1,  Perak 1

6. Kalimantan Utara :  Emas 1

7. Riau :  Emas 1

8. Kalimantan Timur : Emas: 1

9. Gornotalo : Perak 2, Perunggu 2

10. Papua Barat : Perak 2,  Perunggu 1

11. Kota Jayaupura : Perak 1,  Perunggu 1

12. Aceh : Perak 1

13. Sumatra Utara : Perak 1

14. Sulawesi Utara :  Perunggu 3

15. Jawa Timur : Perunggu 2.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat