kievskiy.org

Tontowi Batal Perkuat Indonesia di Asian Mix Team Champ 2017

JAKARTA, (PR).- Kondisi Tontowi Ahmad yang belum pulih dari sakitnya, membuat Indonesia harus kehilangan satu pemain andalannya dalam Asian Mixed Team Championship 2017 di Ho Chi Minh, Vietnam 14-19 Februari 2017 ini. Meski begitu, Indonesia tetap tidak akan mengubah target, yakni lolos ke babak semifinal. 

Tidak ikutnya, Tontowi dinilai Manajer Tim Indonesia, Lius Pongoh saat dihubungi "PR", Kamis 9 Februari 2017, tidak berpengaruh banyak untuk kekuatan tim. Meskipun memang tidak bisa dipungkiri jika Tontowi merupakan salah satu tumpuan utama untuk merebut poin kemenangan. 

"Secara target, semifinal, masih realistis. Alasannya, pertama kita kan kemarin di liat dari seeding kelima, masa kita tidak bisa sampai semifinal minimal. Kedua, masih ada tumpuan lain di sektor lainnya, di ganda putra Ada Ricky (Karanda) dan Angga (Pratama), mengingat Tontowi hanya salah satu tumpuan saja. Di ganda putri dan tunggal putra juga kami percaya ada satu yang bisa menyumbangkan poin," katanya. 

Posisi Tontowi sendiri di dalam tim, akhirnya digantikan oleh Edi Subaktiar yang notabene memang merupakan pasangan asli Gloria Emmanuelle yang kini berpartner dengan Tontowi. Edi sendiri dinilainya bisa mengemban tugas tersebut dengan baik, terlebih dia sudah memiliki chemistry dengan Gloria. 

"Tidak ada yang berubah dalam targetan untuk raihan poin kemenangan buat tim. Cuma memang peluang ada di Tontowi, tapi di ganda kan tidak bisa melihat dari sebelah saja, kalau sebelah bagus, tapi pasangannya enggak kan sama aj. Edi ini kan memang pasangannya, jadi saya percaya mereka sumbang poin," ucapnya. 

Kendati sebagai salah satu tumpuan, menurut Lius, tidak ada program khusus yang diberikan Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky untuk Edi. Mengingat pada saat latihan di Pelatnas Cipayung pun, Edi selalu berlatih bersama Gloria dan Tontowi. 

Tontowi sendiri mengalami sakit demam tepat sebelum jadwal pertandingannya di Thailand Masters 2016, akhir pekan lalu. Dia pun akhirnya memutuskan mundur dari laga tersebut. 

"Diagnosa sementara typhus. Tapi hari ini kondisi sudah membaik dan besok sudah bisa mulai latihan. Namun Tontowi belum bisa bertanding karena masih masa pemulihan," kata dokter PBSI, dr. Michael Triangto. 

Tontowi pun diminta untuk beristirahat dulu sebelum berlatih lagi dan tidak memaksakan diri. Dia pun akhirnya hanya akan difokuskan untuk persiapan menuju All England bersama pasangan lamanya, Liliyana Natsir. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat