kievskiy.org

MotoGP 2017, Vinales Ancaman Serius Bagi Marquez

SETELAH empat bulan sepi, deru mesin motor balap tingkat dunia paling bergengsi kelas MotoGP akan kembali digelar Musim Grand Prix Motor 2017 dan akan segera bergulir akhir pekan ini, pada seri perdana GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu 26 Maret 2017.
 
Lomba digelar malam hari bermandikan cahaya lampu. Tiga kelas yang akan dilombakan yaitu kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP.  Kelas utama  MotoGP menjanjikan persaingan sangat ketat. Juara dunia 3 kali MotoGP sekaligus juara bertahan MotoGP 2016 asal Spanyol Marc Marquez (Repsol Honda) diprediksi akan mendapat saingan amat ketat dari ”muka baru” di tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales (22).

Vinales direkrut dari tim Suzuki Ecstar setelah pembalap muda Spanyol ini menjalani dua musim di kelas MotoGP  2015- 2016. Sebagai juara dunia 2012 kelas Moto3, Vinales membuktikan di tahun keduanya di arena MotoGP 2016, tim Suzuki tampil menjanjikan dengan memberi perlawanan sengit. Vinales ketika itu juga menyulitkan  para pembalap berpengalaman di kelas ini  yaitu Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, serta sederet pembalap MotoGP lainnya.

 Vinales direkrut tim MotoGP Movistar Yamaha musim ini untuk mengisi kekosongan pembalap utama tim pabrikan Jepang ini, menggantikan juara dunia 3 kali MotoGP Jorge Lorenzo (Spanyol) karena tahun 2017 pindah memperkuat tim Ducati Factory. Vinales di tim Movistar Yamaha akan menjadi rekan setim pembalap kawakan  Valentino Rossi (Italia) juara dunia 7 kali MotoGP.

Ancaman Vinales musim ini sudah diperlihatkan melalui penampilan impresif menjadi yang tercepat di semua tiga kali tes pramusim di Sirkuit Sepang (Malaysia), Philip Island  (Australia), dan terakhir Losail (Qatar).

 Sebanyak 18 seri MotoGP akan dilombakan sama seperti musim 2016, diawali seri I di Qatar, Minggu 26 Maret 2017 dan seri terakhir di Valencia, Spanyol, Minggu 12 November 2017.  Tim yang akan tampil di kelas MotoGP  sebanyak 12 tim, di antaranya lima tim pabrikan yatitu Repsol Honda, Movistar Yamaha, Ducati Factory, Suzuki Ecstar, dan pendatang baru Red Bull KTM.

 Penampilan impresif Maverick Vinales  mendominasi  semua tes pramusim 2017  memberi suntikan ”darah baru” bagi tim Movistar Yamaha yang ditinggalkan Jorge Lorenzo dan   performa Valentino Rossi (38) cenderung semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia legenda balap motor Italia ini.

Sementara itu, penampilan juara dunia 3 kali MotoGP yang juga juara bertahan MotoGP 2016 Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) serta rekan setimnya Dani Pedrosa (Spanyol) pada tiga tes pramusim, belum juga memperlihatkan kelebihannya sebagai juara bertahan  karena selalu kalah cepat dibandingkan dengan penantang baru Maverick Vinales. 

Sulit  diprediksi
Dengan kondisi ini kelas MotoGP 2017  akan menjadi semakin menarik untuk ditunggu dan sulit di prediksi. Kepindahan Jorge Lorenzo dari tim Movistar Yamaha ke tim Ducati Factory  juga menambah semakin serunya persaingan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat