kievskiy.org

Sempat Dikabarkan Akan ke Persib, Legenda Barcelona Ronaldinho Pensiun

SAO PAOLO, (PR).- Mantan gelandang Brasil dan Barcelona, Ronaldinho, yang telah merasakan sejumlah gelar bergengsi seperti Piala Dunia, Liga Champions, Piala Libertadores, dan Penghargaan Pemain Terbaik Dunia, pensiun dari sepak bola. 

Kepastian itu disampaikan kakak sekaligus agennya, Assis, Rabu 17 januari 2018 pagi WIB. Ronaldinho tidak memainkan pertandingan kompetitif sejak 2015. Namun, sampai kemarin, ia menghindari pensiun total dari kariernya.

"Ia berhenti. Ini sudah selesai. Kami akan melakukan sesuatu yang besar, sesuatu yang keren, setelah Piala Dunia di Rusia, mungkin pada Agustus," kata Assis seperti dilaporkan Reuters dan dikutip Antara.

Hal yang disebut “sesuatu yang besar” itu tampaknya adalah pertandingan-pertandingan persahabatan yang akan berlangsung di Brasil, Eropa, dan Asia, dan mungkin mencakup pertandingan dengan tim nasional.

Mantan pelatih Persib Djajang Nurjaman pada Maret 2017 lalu mengatakan, Persib butuh seorang penyerang serbabisa di lapangan karena striker utama mereka saat itu, Sergio van Dijk masih berkutat dengan cedera. "Kami memang butuh penyerang baru yang bisa berperan sebagai 'attacking midfielder'," ujar Djajang.

Djadjang Nrudjaman mengatakan, Persib sudah menjalin komunikasi dengan Ronaldinho. Namun, kesepakatan tidak pernah terwujud karena pemain Brasil itu menjadi duta Barcelona.

Ronaldinho akan berusia 38 tahun pada Maret 2018 ini. Dia memulai kariernya di Gremio dan telah bermain untuk tujuh klub lain termasuk Paris Saint-Germain, AC Milan, Queretaro, dan klub-klub Brasil Flamengo, Atletico Mineiro, dan Fluminense.

Akan tetapi, ia mencapai puncak kariernya ketika berseragam Barcelona pada 2003 sampai 2008. Di sana, ia menghabiskan tahun-tahun kejayaannya dan mengukir sejumlah penampilan paling impresif yang pernah ada di sejarah klub-klub Spanyol. Ronaldinho adalah pemain yang paling dikenang saat Barcelona itu menang 3-0 atas Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu pada 2005.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat