kievskiy.org

Jokowi Minta Anies Atasi Kawasan Kumuh Sekitar Wisma Atlet

JAKARTA, (PR).- Pemerintah mengklaim Wisma Atlet untuk Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta Pusat, hampir seluruhnya rampung. Wisma yang masa konstruksinya 510 hari itu telah menelan biaya Rp 3,4 triliun.

Presiden Joko Widodo dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono beserta Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 Erick Tohir memantau langsung Wisma Atlet itu pada Senin 26 Februari 2018 sore. Mereka secara khusus memantau tower 3.

“Untuk Wisma Atlet saya melihat sudah 99,9%, alhamdulillah, selesai. Hanya perlu sedikit-sedikit diperbaiki,” kata Jokowi seusai meninjau Wisma Atlet.

Beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki, menurutnya, adalah pepohonan di taman yang berlokasi di tengah-tengah jajaran tower Wisma Atlet. Saat itu, pepohonannya terpantau belum seluruhnya rindang karena baru saja ditanam. Jokowi menginginkan agar pohon yang ditanam adalah pohon yang telah jadi.

“Tadi saya sampaikan mengenai pohon-pohon. Carilah pohon yang besar, pohon yang sudah jadi sehingga saat tamu-tamu datang itu sudah tampak kehijauan,” ujarnya.

Selain itu, sempat ada keluhan dari atlet mancanegara mengenai ukuran tempat tidur yang kurang panjang. Jokowi mengatakan, persoalan itu telah ditindaklanjuti. Telah dipasang stool sepanjang kurang lebih 45 centimeter untuk mengakali atlet yang badannya tinggi.

“(Tempat tidur) tidak ada masalah. Sudah disiapkan,” katanya.

Terkait dengan fasilitas untuk disabilitas, Joko Widodo juga mengatakan persiapannya sudah baik. Dia menuturkan, telah memantau kamar untuk disabilitas dan disebutnya cukup bagus.

Memantau rute

Setelah memantau Wisma Atlet, Jokowi beserta rombongan langsung memantau rute dari wisma menuju Bandara Soekarno-Hatta dan rute dari wisma menuju Senayan. Jokowi mengatakan, pemantauan dilakukan untuk melihat situasi di sepanjang rute.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat