kievskiy.org

Barcelona vs Athletic Bilbao, Valverde Turunkan 'Penerus' Andres Iniesta?

TAK bisa dimungkiri bahwa Andres Iniesta adalah salah seorang sosok yang menjadi ruh bagi kejayaan Barcelona dalam satu dekade terakhir. Sejak musim 2007-2008, ia sudah menjadi pilar lapangan tengah tim Blaugrana.

Hampir tak ada ujung tombak Barcelona yang luput dari pelayanan maksimal Iniesta dalam mencetak gol. Sejak era Samuel Eto'o, Thiery Henry, Zlatan Ibrahimovic, David Villa, Alexis Sanches, Neymar hingga yang masih setia bersamanya saat ini, Luis Suarez dan Lionel Messi, pernah merasakan manisnya umpan Iniesta.

Meskipun demikian, masa depan Iniesta di Bercelona kini tengah dirundung ketidakpastian. Namun hal itu dikabarkan karena keinginan Iniesta sendiri untuk menghabiskan sisa karirnya di luar Eropa.

Ya, keinginan itu mengingatkan kita semua terhadap mantan duet maut Iniesta di lapangan tengah Barcelona maupun timnas Spanyol, Xavi Hernandes. Menjelang pensiun, Xavi memilih untuk menghabiskan karirnya di klub Liga Qatar, Al-Sadd sejak 2015 lalu.

Ketika itu, Xavi memang sudah berusia 35 tahun. Masa yang memang sudah mendekati pensiun bagi seorang pesepakbola.

Ditinggal oleh Xavi, Iniesta tetap bertahan di Barcelona hingga tiga musim berikutnya. Namun saat ini usia Iniesta pun sudah memasuki 33 tahun.

Tidak heran jika karirnya musim depan menyiratkan tanda tanya besar. Akankan Iniesta bertahan di Barcelona hingga berusia 35 tahun seperti Xavi, atau ia memutuskan untuk hijrah ke luar Eropa lebih cepat dari Xavi?

Alena Sang Penerus

Terlepas dari pertanyaan yang masih belum terjawab itu, Bercelona memang sudah saatnya untuk menyiapkan sosok pengganti sebelum sang maestro lapangan tengah mereka tak bisa lagi bermain. Satu nama yang digadang-gadang sebagai regenerasi terbaik bagi Iniesta adalah Carles Alena.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat