kievskiy.org

Preview MotoGP 2018, Pembalap Tuan Rumah Diunggulkan

PETA persaingan MotoGP musim 2018  menjanjikan pertarungan semakin sengit memasuki  lomba di benua Eropa di mulai dengan seri IV MotoGP Spanyol di sirkuit klasik Jerez Minggu 6 Mei 2018. Eropa akan menjadi ajang persaingan lomba MotoGP yang sesungguhnya setiap musim karena benua biru ini adalah home of MotoGP tempat asal mulanya sejarah balap motor  dirintis.  

Sebelum MotoGP Spanyol,  musim MotoGP 2018 telah menyelesaikan tiga seri di luar Eropa dimulai di Qatar, Argentina dan Amerika , yang memunculkan tiga pemenang berbeda. MotoGP Qatar dijuarai Adrea Dovizioso (Ducati Team/Italia) yang kini memimpin klasemen, di Argentina memunculkan pembalap tim satelit Honda asal Inggris Cal Crutchlow (LCR Honda) sebagai pemenang. Di seri III MotoGP Amerika Serikat, juara dunia 4 kali MotoGP Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) kembali tak terkalahkan di negri Paman Sam  jadi juara untuk keenam kali beruntun sejak 2013.

Persaingan di sirkuit tradisional klasik Eropa selalu menjanjikan adu “skill’ pembalap dikombinasikan dengan kemampuan motor mengatasi lintasan sirkuit balap yang relatif lebih sempit dibandingkan dengan sirkuit modern di luar Eropa yang baru dibangun memsuki  era abad 20, berbeda dengan  sirkuit-sirkuit klasik benua Eropa yang sudah ada bahkan sebelum  perang dunia kedua

MotoGP Spanyol yang merupakan seri IV dipastikan akan berlangsung ketat. Pimpinan klasemen Andrea Dovizioso (Ducati Team) akan mendapat tantangan berat  dua pembalap muda “Spaniard” paling beken saat ini yaitu juara dunia 4 kali MotoGP Marc Marquez (25) dari tim Repsol Honda dan Maverick Vinales (23) andalan tim Movistar Yamaha  didampingi rekan setimnya pembalap veteran Italia  The Doctor Valentino  Rossi (39). 

Sementara Little Samurai Dani Pedrosa (Repsol Honda/Spanyol) yang masih dalam penyembuhan operasi retak pergelangan tangan kanan juga siap unjuk gigi karena pernah dua kali menjadi pemenang di Jerez. Para suporter Spanyol juga berharap juara dunia 3 kali MotoGP Jorge Lorenzo di tim barunya Ducati akan akan bisa mulai bangkit setelah musim lalu di tahun perdananya bersama Ducati tidak bisa berbuat banyak.

Pada tiga seri aswal musim ini  Lorenzo juga masih belum tampil kompetitif. “Saya masih belum bisa sepenuhnya menguasai Ducati Desmosedici , karena  kesulitan adaptasi maksimal dengan karakternya,” ujar Lorenzo pada rilis tim Ducati Factory. 

Rossi posisi ke-7 klasemen

Pembalap veteran Rossi belum memuncaki podium di tiga seri GP  awal musim ini, namun juara dunia 7 kali MotoGP ini meski usianya kini 39 tahun tampil cukup stabil. Juara ketiga di Qatar namun terjatuh di Argentina karena di tabrak Marquez dan di  Amerika finis kelima sehingga posisinya di klasemen kini ke-7 dengan raihan 29 poin. Sedangkan pimpinan klasemen setelah tiga seri, Andrea Dovizioso (Ducati Team) 46 poin, unggul tipis 1 poin atas  up Marc Marquez (Repsol Honda) 45, dan ketiga Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 41, diikuti Cal Crutchlow (LCR Honda) 38 dan kelima Johann Zarco (Monster Yamaha Tech-3) 38.

Siapa yang akan memuncaki podium di MotoGP Spanyol 2018 di sirkuit Jerez akhir pekn ini ?  Dua tahun lalu, 2016 Rossi  menciptakan kejutan menyisihkan tiga unggulan tuan rumah “Spaniard” dengan menjadi pemenang di MotoGP Spanyol 2016, Jorge Lorenzo rekan setimnya Rossi di Movistar Yamaha harus puas di urutan kedua, Marc Marquez (Repsol Honda) di urutan ketiga dan Dani Pedrosa (Repsol Honda) di urutan keempat.Sedangkan tahun lalu MotoGP Spanyol 2017, Dani Pedrosa menjadi pemenang dibuntuti rekan setimnya Marq Marquez di urutan kedua dan  ketiga Jorge Lorenzo (Ducati Team).             

Mampukah Pedrosa  yang dalam pemulihan cedera retak tulang pergelangan tangan kanan  mengulang suksesnya tahun lalu ? Dengan posisinya sebagai juara bertahan MotoGP Spanyol 2017  namun tidak dalam kondisi lengan yang belum pulih, akan  berat. Tapi segalanya bisa terjadi karena dukungan suporter fanatik di negri matador ini akan memacu adrenalin Pedrosa untuk tampil ekstra maksimal bersaing  memuncaki podium. Bila Pedrosa gagal, masih ada rekan setimnya Marc Marquez yang akan tampil sama hebatnya untuk mengincar kemenangan  di negeri sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat