kievskiy.org

Banyak Pemain Cedera, Timnas Irak Mundur dari Asian Games 2018

JAKARTA, (PR).- Komite Olimpiade (NOC) Irak memastikan tim sepak bola Irak tidak akan ikut dalam Asian Games 2018. Mereka mengundurkan diri karena beberapa sebab.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Hubungan Internasional NOC Haitham Abdulhameedmemos V F melalui surat elektronik. Surat elektronik ditujukan kepada Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc), Kamis 2 Agustus 2018. 

Dalam surat tersebut, Haitham mengatakan sesuai surat yang mereka terima dari Federasi Sepak Bola Irak bernomor 709/2 tertanggal 1 Agustus 2018. Bahwa federasi sepakbola mereka memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam Asian Games dengan beberapa alasan. 

“Pertama, banyak pemain kami yang cedera. Lalu, kedua banyak pemain yang berpartisipasi di Liga Arab bersama klubnya. Mereka menolak ikut karena jadwal kompetisi yang menumpuk. Terlebih liga baru akan selesai pada bulan depan,” ujarnya. Dia pun meminta maaf atas keputusan tersebut.

Dalam undian cabang beregu yang digelar Inasgoc, 5 Juli lalu, Irak berada di Grup B. Bersama dengan Tiongkok, Timor Leste, dan Suriah. Dengan mundurnya Irak maka dipastikan jumlah peserta cabang sepak bola hanya 25 tim. 

Grup C sendiri akan bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung. Jadwal pertandingan untuk cabang sepak bola pun sudah keluar.

Filipina mundur dari basket putra dan Mongolia dari semua cabang olah raga

Filipina akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari keikutsertaannya di Asian Games 2018 cabang bola basket putra (5x5). Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Federasi bola basket Filipina, Samahang Basketbol ng Pilipinas Inc. (SBP) Jumat 27 Juli 2018, secara resmi melalui situs resmi mereka. 

Latar belakang mundurnya dari Asian Games karena sanksi berat yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin Federasi Asosiasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Filipina. Akibat kericuhan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 zona Asia saat melawan Australia.

Akibat ricuh tersebut, 10 pemain nasional mereka yang masuk dalam daftar Asian Games dikenai sanksi larangan bermain, termasuk juga pelatih kepala Vincent  Reyes dan sang asistennya Joseph Uichico. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat