kievskiy.org

Perguruan Tinggi Swasta Dukung Penghapusan Kopertis

JAKARTA, (PR).- Perguruan tinggi swasta mendukung rencana pemerintah untuk membentuk Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (L2PT). Pasalnya, L2PT akan membuat kualitas pendidikan tinggi menjadi lebih baik dan kompetitif di tingkat dunia.

L2PT juga akan menaungi perguruan tinggi negeri dan menghapus keberadaan koordinator perguruan tinggi swasta Indonesia (Kopertis). Selama ini, PTS dikelola oleh Kopertis, sedangkan PTN di bawah koordinasi Kemenristekdikti.

Rektor President University Jony Oktavian Haryanto mengatakan, L2PT akan menghilangkan dikotomi peran PTS dan PTN dalam membangun pendidikan tinggi nasional. Menurut dia, L2PT juga akan mendorong PTS semakin bermutu.

“Nanti PTS yang tidak memiliki akreditasi dan tidak berprestasi akan digabungkan, merger dengan PTS lain yang terakreditasi A dan B. Saya mendukung 100 persen pembentukan L2PT,” ucap Jony, di Jakarta, Minggu, 23 Juli 2017.

Ia mengatakan, L2PT akan mendorong perguruan tinggi untuk lebih berprestasi sehingga masuk dalam jajaran kampus berkualitas dunia. Pasalnya, dengan penyatuan koordinasi tersebut, pemerintah bisa meningkatkan anggaran penelitian untuk mengembangkan PTS. 

“Wacana L2PT ini digagas sejak tahun lalu, untuk menghilangkan dikotomi PTS dan PTN,” katanya.

Adapun Jony mengungkapkan, President University menargetkan masuk dalam 50 universitas terbaik di Indonesia dan menjadi universitas unggul di level dunia. Ia menyatakan, keberadaan L2PT bisa mendukung target tersebut. “Siswa yang berkuliah di President University tidak hanya diberikan teori, namun juga dibekali dengan praktek di lapangan. President University sudah mewisuda 789 mahasiswa sejak berdiri 15 tahun lalu,”, ujar Jony.

Sebelumnya, Menristekdikti Mohamad Nasir menuturkan realisasi pembentukan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2PT) dimulai akhir tahun ini. Pasalnya, peraturan menteri yang akan melandasi pembentukan L2PT sudah jadi, tinggal dia tanda tangan. Nasir mengatakan, Pembentukan L2PT juga didukung penuh Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI).***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat