kievskiy.org

Indonesia Dominasi Kompetisi Paduan Suara Anak Internasional

SETELAH viral di media sosial dengan video “Yamko Rambe Yamko” yang ditampilkan di Roma beberapa bulan lalu, The Resonanz Children’s Choir (TRCC) asal Jakarta kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 

Kali ini TRCC tidak sendiri. TRCC bersama Saint Angela Choir asal Bandung berhasil menempati posisi pertama dan kedua pada kategori Children’s Choir di Tolosa Choral Contest 2017 di Spanyol.

TRCC juga memperoleh gelar juara umum Tolosa Choral Contest 2017 serta penghargaan audience prize.

TRCC dan Saint Angela Choir mempersembahkan masing-masing lima lagu dalam kompetisi di kategori paduan suara anak itu. Di antara kelima lagu, kedua paduan suara itu menyajikan satu lagu nusantara lengkap dengan kostum dan tarian yang disesuaikan. 

TRCC yang dipimpin Avip Priatna memilih lagu daerah Papua “Yamko Rambe Yamko” yang aransemennya digarap Agustinus Bambang Jusana. Sementara Saint Angela Choir yang dipimpin Roni Sugiarto memilih lagu daerah Bali “Tari Sanghyang Dedari” yang juga karya Agustinus Bambang Jusana.

Keseluruhan ajang Tolosa Choral Contest 2017 diikuti 15 paduan suara dari 13 negara yaitu Argentina, Inggris Raya, Estonia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Norwegia, Ukraina, dan tentu saja Indonesia. Dengan demikian, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mewakili Asia di kancah internasional itu.

Tolosa Choral Contest 2017 berlangsung pada 1-5 November lalu di Tolosa, Spanyol. Kompetisi paduan suara itu merupakan salah satu dari enam kompetisi paduan suara internasional yang termasuk dalam “The European Grand Prix of Choral Singing”, salah satu kejuaraan paduan suara internasional terbesar di dunia. 

Lima kompetisi lain yang termasuk “The European Grand Prix of Choral Singing” adalah Arezzo (Italia), Debrecen (Hungaria), Maribor (Slovenia), Tours (Prancis), dan Varna (Bulgaria).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat