kievskiy.org

UI Masuk Jajaran Kampus Riset Dunia

DEPOK, (PR).- Kiprah Universitas Indonesia sebagai perguruan tinggi riset dunia semakin berkibar. UI masuk dalam jajaran kampus riset dunia dalam rilis lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE). 

Peringkat UI melonjak dalam kelompok 601-800 dunia versi THE yang merilis dalam daftar World University Rankings (WUR) 2019, pada Rabu, 26 September 2018 malam. Rilis rangking juga dimuat dalam laman https://www.timeshighereducation.com.‎

"UI menjadi satu-satunya Perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam grup tersebut dengan penilaian dilakukan pada 2018. Pada THE WUR 2018, UI menduduki kelompok peringkat 801-1.000. Sebanyak 1.258 Perguruan Tinggi di 86 negara di dunia yang masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2019.

Ini adalah tahun ketiga, Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan THE. Lembaga pemeringkatan tersebut secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, transfer dan sharing keilmuan, cakupan internasional sebuah universitas.

Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met mengapresiasi kenaikan peringkat itu.  “Saat ini performa UI semakin meningkat tampak dari penilaian lembaga pemeringkatan bergengsi dunia. UI tengah fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas riset serta inovasi dan pengabdian masyarakat," kata Anis dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 September 2018.‎

Selain itu, lanjutnya, UI sedang memperluas jaringan atau network dengan kampus-kampus di Asia, Eropa dan benua lainnya.

Anis menambahkan, persaingan peringkat antarkampus riset dalam satu kawasan regional merupakan hal baik. "Seperti National University of Singapore telah berhasil masuk dalam jajaran 25 besar dunia. Diharapkan prestasi dari kampus yang masih bertetangga dengan kita tersebut mampu memicu semangat UI menuju perguruan tinggi unggulan Asia Tenggara," ujarnya.

Pencapaian peringkat sebagai kampus riset dunia, lanjut Anis, bukan hanya milik UI. Pencapaian tersebut merupakan prestasi bangsa terkait pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia.

Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat