kievskiy.org

Persib Masih Paling Disiplin Meski Sudah Kantongi 44 Kartu Kuning

UNTUK kedua kalinya Essien harus absen saat Persib melawat kandang Pusamania Borneo FC, Sabtu 16 September 2017 nanti. Sesusai aturan yang berlaku, Essien memang harus menanggung sanksi larangan tampil setelah menerima kartu kuning ke-5 pada laga melawan Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 9 September 2017 lalu.

Sebelumnya Essien juga sempat absen saat Persib Bandung berpesta ke gawang Persegres di Jalak Harupat pekan ke-20. Hal itu diakibatkan oleh kartu kuning yang ia terima di pekan ke-19 saat dijamu Arema.

Meskipun demikian, hal yang lebih layak disoroti adalah total kartu kuning yang sudah dikumpulkan Persib selama Liga 1 2017. Selain yang diterima Essien, satu kartu kuning lain untuk Tony Sucipto di laga kontra Semen Padang, membuat Maung Bandung sudah mengoleksi total 44 kartu kuning hingga pekan ke-23.

Jumlah itu sudah mencapai hampir 85 persen dari total 52 kartu kuning yang didapatkan Persib pada kompetisi ISC A 2016 lalu. Jika tidak berhati-hati, 9 kartu kuning bisa saja kembali didapatkan tim Pangeran Biru dalam 11 laga yang tersisa.

Jika itu terjadi, maka Liga 1 2017 akan menggeser ISC A 2016 sebagai musim dengan perolehan kartu kuning terbanyak bagi Persib dalam tiga musim terakhir. Soalnya pada ISL 2014, Maung Bandung hanya mengoleksi 28 kartu kuning selama 20 laga babak penyisihan wilayah barat.

Persib dalam persaingan panas

Meskipun demikian, banyaknya kartu kuning Persib memang tak lepas dari panasnya persaingan Liga 1. Jika membandingkan dengan 921 kartu kuning yang sudah dikeluarkan sepanjang Liga 1, Persib hanya mendapat 4,7 persen dari total tersebut dan masih di bawah rata-rata 51 kartu kuning per tim.

Persib bahkan boleh dibilang sebagai tim paling disiplin, karena tak mendapat satupun dari 36 kartu merah yang beredar hingga pekan ke-23. Selain Atep dkk, satu tim lain yang masih bersih dari kartu merah hanyalah Persiba.

Persiba sendiri saat ini sudah mengoleksi 48 kartu kuning. Artinya, Persib tetap memiliki catatan lebih baik dari tim tersebut.

Bali United, Barito Putera, Semen Padang, dan Perseru boleh saja mengoleksi kartu kuning lebih sedikit dari Maung Bandung. Namun semua tim itu sudah mengantongi kartu merah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat