kievskiy.org

Persib Bisa Berlaga di Liga Champions Asia, Ini Syaratnya

JAKARTA, (PR).- Persib Bandung lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC. Demikian hasil Komite Lisensi Klub PSSI lewat sidang lisensi PSSI yang digelar, Rabu 25 Oktober 2017 malam di Kantor PSSI, Jakarta. 

Persib menjadi satu dari dua klub Liga 1 yang mendapatkan lisensi itu. Dengan lisensi itu, Persib membuka peluang untuk tetap jadi wakil Indonesia di kompetisi level Asia, meski dengan sejumlah syarat.

Selain Persib, ada Arema yang dinyatakan lolos verifikasi lisensi klub profesional AFC. Sementara tiga klub lain yakni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta diberikan kesempatan untuk melengkapi kriteria lain dalam waktu tiga bulan agar bisa dinyatakan lolos verifikasi.

Lisensi klub profesional dengan standar AFC ini sangat penting bagi klub untuk bisa berpartisipasi di kompetisi level Asia, yang pendaftarannya berakhir 22 November 2017. Karena itu, perwakilan AFC juga ikut terlibat dalam proses verifikasi lisensi yang sudah dimulai sejak April 2017. Tahun depan, Indonesia memiliki satu jatah klub tampil di babak play off Liga Champions Asia dan dua di Piala AFC.

Dua syarat penting

Persib sendiri secara peringkat memang tidak memenuhi syarat menjadi wakil Indonesia di kompetisi level Asia. Mengingat Persib menempati posisi ke-12 dari 18 tim Liga 1. Kesempatan itu muncul tentu dengan sejumlah catatan. 

Pertama, kesempatan itu ada jika tiga klub papan atas yang berpeluang juara dalam kompetisi Liga 1, yakni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta gagal melengkapi item-item kriteria lisensi klub AFC dalam waktu 3 bulan, dengan batas akhir pada 24 Januari 2018 mendatang.
Dari hasil sidang kemarin, ketiganya dinilai memiliki kekurangan kriteria B dalam hal infrastruktur dan finansial. Mereka perlu untuk melengkapi kriteria itu dalam medio tersebut agar bisa dinyatakan lolos verifikasi. 

Kedua, Persib harus masuk ke posisi 9 Besar jika ingin lolos. Artinya, Persib harus bisa memetik kemenangan di 6 pertandingan sisa untuk bisa masuk ke jajaran 9 Besar di akhir klasemen. Bila Maung Bandung bisa sapu bersih kemenangan di sisa laga, maka kemungkinan mereka bisa finis di peringkat 8 atau 9 klasemen akhir. 

"Selain Persib juga ada Arema Indonesia. Mereka bisa saja menjadi wakil, meskipun secara peringkat tidak masuk. Karena kalau melihat dari regulasi AFC, jika di akhir kompetisi juara 1, 2, dan 3 tidak lolos licensing klub, maka jatah 2,5 Indonesia di kompetisi Asia bisa diberikan ke peringkat di bawahnya hingga sampai 50 persen dari peserta kompetisi. Jadi kesempatannya sampai pada peringkat 9," tutur Direktur Lisensi PSSI yang juga Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy, Kamis 26 Oktober 2017.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat