kievskiy.org

Hindari Penipuan WhatsApp dengan 5 Cara Mudah Ini

Ilustrasi percobaan peretasan terhadap WhatsApp
Ilustrasi percobaan peretasan terhadap WhatsApp /Pixabay//

PIKIRAN RAKYAT - Dengan berkembangnya teknologi, para penipu kini semakin canggih dalam memanfaatkan aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp.

Mereka menggunakan berbagai taktik baru untuk menipu pengguna, baik melalui pesan teks maupun panggilan, dengan tujuan mendapatkan informasi sensitif perbankan dan data pribadi. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengenali ciri-ciri pesan palsu di WhatsApp.

Berikut adalah lima cara untuk mengidentifikasi dan melindungi diri dari penipuan di WhatsApp:

1. Waspadai Panggilan dari Nomor Tidak Dikenal

Selalu berhati-hati saat menerima panggilan dari nomor asing di WhatsApp. Jika Anda tidak mengenali nomor tersebut, lebih baik abaikan atau blokir panggilan tersebut untuk menghindari potensi penipuan.

2. Verifikasi Identitas Pengirim

Sebelum membagikan informasi pribadi atau keuangan, pastikan untuk memverifikasi identitas pengirim. Tanyakan pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh orang yang sebenarnya Anda kenal atau lakukan panggilan balik ke nomor yang sudah terdaftar di kontak Anda.

3. Waspadai Permintaan Mendesak

Penipu sering kali menciptakan rasa urgensi untuk memaksa Anda membocorkan informasi. Mereka mungkin mengatakan bahwa ada masalah mendesak yang perlu segera ditangani. Jangan terburu-buru mengambil keputusan dan selalu pikirkan dengan tenang sebelum merespons.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat