kievskiy.org

Selama 2017, Bandara Angkasa Pura II Buka 17 Rute Penerbangan Baru

SEMANGAT membangun "Indonesia Incorporated" melalui pariwisata, terus bergulir kencang. Di sektor air connectivity, PT Angkasa Pura II (Persero) dan sukses bergandeng tangan dengan sejumlah maskapai penerbangan. Hasilnya? Frekuensi penerbangan bertambah. Perpindahan arus wisatawan semakin lancar dan cepat. 

Aktivitas penerbangan di bandara-bandara AP II patut diacungi jempol. Di periode Januari - Juni 2017 saja, sudah ada sedikitnya 17 rute yang dibuka bersama sejumlah maskapai.

Garuda Indonesia membuka rute Jakarta-Banyuwangi. AirAsia membuka rute Pontianak - Kuching. Citilink membuka rute Jakarta - Dili (Timor Leste). 

Sriwijaya Air membuka rute Jakarta-Sampit dan Jakarta-Pangkalan Bun. Wings Air membuka rute Jambi - Tanjung Karang, Jambi - Padang dan Padang - Tanjung Karang. Batik Air membuka rute Jambi - Jakarta, Pontianak - Jakarta, Jakarta - Lubuk Linggau. Sementara Lion Air membuka rute Bandung - Pekanbaru, Bandung - Lombok, Palembang - Surabaya, Palembang - Medan, Palembang - Solo, dan Palembang - Yogyakarta.

Kerja riil tadi sangat pas dengan keinginan Menpar Arief Yahya yang ingin membangun pariwisata secara bergotong royong. Semua diajak berbagi peran dan maju bersama dalam kebersamaan. Ibarat bermain simponi orkestra, AP II dan maskapai-maskapai yang ada di Indonesia berkolaborasi untuk menghasilkan nada yang indah. Orkestra baru tadi sekarang mulai terdengar indah karena diharmonisasikan dan disinergikan dengan cantik.

"Kalau mau pariwisata maju ya harus seperti ini. Semua kerja bareng, kerja kompak, untuk menambah jaringan penerbangan di bandara-bandara AP II. Kami memberi insentif bagi maskapai, sementara maskapai membuka rute baru atau menambah frekwensi penerbangan," ujar President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Rabu, 28 Juni 2017.

Hasilnya memang langsung terlihat. Selain penambahan 17 rute baru tadi, dalam waktu dekat juga akan dibuka penerbangan Jakarta - Makau dan Bandung - Pontianak. "AP II memberikan apresiasi kepada maskapai yang telah memperluas konektivitas penerbangan dengan membuka rute baru di bandara-bandara AP II, khususnya saat periode angkutan lebaran tahun ini. Pembukaan rute pada saat angkutan lebaran merupakan langkah cerdas maskapai karena akan memberikan jaminan tingginya tingkat keterisian penumpang selain tentunya juga memberikan alternatif pilihan penerbangan kepada pemudik," ucapnya.

Awaluddin jadi semakin percaya diri mengibarkan pariwisata ke level yang lebih tinggi lagi. Prediksinya, jumlah pergerakan penumpang di 2017 bisa mencapai 100 juta orang. Dan sekitar 60-70% dari jumlah tersebut merupakan pergerakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Target kami, wisatawan mancanegara yang masuk melalui bandara-bandara AP II dapat mencapai 4 juta orang," jelas Awal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat