kievskiy.org

Cable Car Ijen Banyuwangi Ikut Dikawal Dua Menteri

BANYUWANGI, (PR).- Spirit Indonesia Incorporated dalam mempercepat pembangunan Cable Car Ijen Banyuwangi patut diacungi dua jempol. Tidak tanggung-tanggung, Menteri Koordinator Perekonomian RI Darmin Nasution dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya turun langsung mengawal percepatan pembangunan cable car di Ijen Banyuwangi.

Rapat koordinasi (Rakor) jajaran terkait bersama Bupati Abdullah Azwar Anas bahkan sudah lebih dulu digelar di Aula Rempeg Jogopati, kantor Pemkab Banyuwangi, Kamis malam 10 Agustus 2017.

Satu persatu permasalahan diurai. Semua dicarikan jalan keluar. Dari sisi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya langsung menegaskan bahwa perizinan cable car sudah tidak ada masalah.

"Peraturan Menterinya sekarang sudah dibuat untuk memfasilitasi kerjasama-kerjasama daerah itu," kata Siti Nurbaya di Banyuwangi, 12 Agustus 2017. Siti juga memastikan akan ikut mengontrol rencana tersebut.

"Jadi mudah-mudahan bisa cepatlah ini. Saya bilang ke Direktur Jenderal (Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem/KSDAE, Red) untuk segera beresin. Harus segera ditindaklanjuti. Saya ikut kontrol terus," katanya.‎

Dirjen KSDAE Kementerian LHK Wiratno, menambahkan, pihaknya telah selesai evaluasi fungsi cable car di kawasan Gunung Ijen. Berdasarkan hasil evaluasi fungsi tersebut, akan ada tim terpadu yang akan melakukan kajian lebih lanjut. Tim terpadu tersebut terdiri dari unsur planologi, lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), dan lain-lain.

“Akan dilakukan tes tanah dan geologi untuk mengetahui apakah pembangunan cable car tersebut memungkinkan dilakukan ataukah tidak,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk menunjang realisasi pembangunan cable car, akan dilakukan perluasan kawasan wisata di kawasan Gunung Ijen. Dengan demikian, seluruh tiang pancang cable car bisa masuk kawasan taman wisata, bukan di kawasan konservasi.

Semangat Menko Perekonomian Darmin Nasution juga sama. Dia memastikan, pemerintah pusat siap mendukung pengembangan ekonomi daerah, termasuk sinergi pengembangan pariwisata. ”Pariwisata jadi kebutuhan penting, pasarnya tidak pernah turun. Sinergi pusat dan daerah sangat penting untuk memastikan perekonomian tumbuh lebih baik,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat