kievskiy.org

Desa Wisata Omah Domes Semakin Menarik dengan Kampung Pelangi

SLEMAN, (PR).- Pengelolaan Desa Wisata Omah Domes terus disentuh inovasi . Kini, para pengunjung Desa Wisata Omah Domes yang berada di Dusun New Nglepen, Sumberharjo, Prambanan bisa menikmati  pemandangan yang menawan dari atas bukit.

Sekitar 1 kilometer dari Kompleks Omah Domes, ada Bukit Teletubbies. Dari bukit ini, wisatawan bisa melihat deretan Omah Domes yang telah dicat warna-warni dari ketinggian. Di atas bukit ini ada tulisan "Bukit Teletubbies" warna-warni ukuran besar. Juga ada gardu pandang.

Dari Gardu Pandang inilah pengunjung bisa selfie dengan latar belakang Omah Domes di kejauhan. Atau kalau senja, bisa mendapatkan sunset yang menawan.

Infrastruktur jalan menuju puncak bukit ini berupa jalan aspal mulus. Kemudian di dekat pelataran parkir, ada fasilitas pendukung seperti mushola dan toilet. "Semua ini dibangun dengan dana oleh bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum," jelas Pengelola Desa Wisata Omah Domes Suhermono.

Fasilitas tersebut "melengkapi" bantuan cat yang sebelumnya diberikan oleh satu perusahaan cat. Dengan bantuan cat tersebut, bangunan-bangunan Omah Domes menjadi warna-warni. Dan Omah Domes pun menjadi "Kampung Pelangi." Sensasi Kampung Pelangi ini pun makin terasa jika dilihat dari atas bukit.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa mendapat kenangan lain saat berkunjung ke Omah Domes. Wisatawan bisa belajar membatik dengan motif khas Omah Domes yang hasil karyanya bisa langsung dibawa pulang. Ada kelompok pembatik yang pernah dilatih oleh Disperindagkop  DIY dan Dekranasda Sleman.

Desa Wisata Omah Domes juga menyediakan aneka suvenir khas. Seperti gantungan kunci, tempat pensil, asbak maupun tempelan kulkas. Semuanya menggunakan motif Omah Domes.

Desa Wisata Omah Domes atau Bukit Teletubbies merupakan sebuah perkampungan unik yang lokasinya berada di Sumberharjo, Prambanan, Sleman. Berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Jogja. Letaknya dekat dengan destinasi baru terfavorit versi Anugerah Pesona Indonesia (API) Taman Tebing Breksi.

Candi Prambanan

Bahkan, petualangan ke Bukit Teletubbies menjadi satu paket dari Shiva Jeep Adventure yang ada di Tebing Breksi. Jadi, berkunjung ke Omah Domes bisa menjadi rangkaian kunjungan ke Candi Prambanan, Ratu Boko dan Tebing Breksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat