kievskiy.org

Bandung Berawan Rabu Ini

BANDUNG, (PR).- Dalam dua hari terakhir, kondisi cuaca Bandung pada pagi hari selalu mendung. Hujan gerimis bahkan terjadi di beberapa titik dan tersebar tidak merata. Meski demikian, pada siang hari cuaca sangat terik dengan udara yang sangat gerah.

Khusus hari ini, Rabu 4 Januari 2016, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika klas I Bandung mencatat bahwa pada umumnya cuaca Bandung dans ekitarnya hari ini berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi sore atau malam hari.

Sementara itu, cuaca panas terik di Bandung raya dalam beberapa hari terakhir disebabkan oleh berkurangnya curah hujan pada periode musim hujan kali ini. Hal itu mulai terasa sejak pertengahan Desember 2016 dan kemungkinan berakhir pada pertengahan pekan ini. Penyebabnya adalah gangguan angin siklon tropis yang berkontribusi terhadap berkurangnya curah hujan.

Prakirawan BMKG Stasiun Geofisika klas I Bandung, Iid Mujtahiddin, Selasa 3 Januari 2017 mengatakan bahwa pada musim hujan, ketika panas dirasa lebih panas. Sebaliknya, panasnya musim kemarau malah terasa lebih dingin.

”Beberapa hari terakhir memang terjadi penurunan curah hujan meski pada dasarnya kita masih berada dalam musim hujan. Hal ini mulai terasa pada minggu kedua Desember. Sejak terjadi angin cukup kencang serta kelembapan cukup rendah, curah hujan di Bandung relatif kurang,” ujar Iid.

Adanya siklon tropis di selatan katulistiwa yaitu di Jawa Timur dan di utara katulistiwa di wilayah Filipina, juga berkontribusi terhadap be­kurangnya curah hujan. Kondisi ini diperkirakan terjadi hingga 5 Januari. Cuaca Bandung raya masih berawan dengan kekuatan angin di lapisan 700 milibar, 20 knot. Pekan selanjutnya ada peningkatan curah hujan, bahkan hingga di atas normal.

”Kecepatan angin membawa uap air ke arah timur, ke Priangan timur. Jadinya, akan banyak terjadi hujan di Priangan timur seperti Garut dan Ciamis. Termasuk, ketika pergantian tahun baru juga hujan banyak terjadi di Priangan timur meski pas pertengahan hari tidak hujan. Magrib, sore ke atas lebih banyak (hujan) ketimbang di wilayah Bandung,” tutur dia.

Memang, beberapa hari ini di wilayah Bandung masih berawan dengan curah hujan ringan-sedang. Diperkirakan akan ada peningkatan curah hujan pada akhir Januari hingga Februari. Musim hujan tersebut akan berlangsung hingga April-Mei ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat