kievskiy.org

Pawai Obor Nyalakan Semangat Bandung Lautan Api

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 6000 warga Kota Bandung melakukan pawai obor, Kamis, 23 Maret 2017 malam. Rombongan didominasi siswa tingkat SMP dan juga SMA se-Kota Bandung. Selain itu juga terdapat perwakilan SKPD dan aparatir kewilayahan yang berpartisipasi dalam pawai tersebut.

Rombongan yang berjalan sambil menyalakan obor sejak pukul 19.00 WIB dari Lapangan Tegalega, tiba di Balai Kota Bandung pada pukul 20.30 WIB. Rombongan disambut oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial beserta istri, Siti Oded M. Danial, dan juga jajaran Muspida Kota Bandung.

Para peserta pawai menunjukkan kreativitasnya, mulai dari berbagai kreasi lampion, variasi kostum, hingga tetabuhan yang meramaikan suasana. Semangat dan kegembiraan terpancar dari wajah mereka.

Kegiatan pawai obor tersebut merupakan peringatan Bandung Lautan Api. Peristiwa Bandung Lautan Api menyimpan memori yang mendalam bagi masyarakat Bandung. Betapa tidak, peristiwa tersebut adalah perjuangan heroik warga Bandung melawan penjajahan yang tidak akan pernah terlupakan.

Tanggal 23 Maret 1946 adalah sejarah di mana 200.000 rakyat Bandung membumihanguskan seisi kota untuk mencegah tentara NICA dan sekutunya menggunakannya untuk basis militer. 

Usai melaksanakan pawai, peserta dan tamu undangan dihibur dengan penampilan kabaret dari SENSASI Kabaret. Kelompok seni itu berhasil menggambarkan suasana peristiwa Bandung Lautan Api 71 tahun yang lalu.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaannya kepada para peserta yang berpartisipasi mengenang momen bersejarah itu.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Bandung ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua partisipan, yang tidak hanya mengenang peristiwa Bandung Lautan Api dengan mengikuti pawai tetapi juga telah memperlihatkan gagasan kreatifnya. Maka pantaslah Bandung ini disebut kotanya orang-orang kreatif," ungkap Oded, seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima "PR". 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat