kievskiy.org

Siapkan Enam Hal Ini Sebelum Daftar BPJS Kesehatan via Telefon

CIMAHI, (PR).- Masyarakat tak perlu lagi antre panjang untuk mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). BPJS Kesehatan menyediakan saluran telefon care center 1500 400 untuk mempermudah pendaftaran tersebut. 

“Cukup menekan nomor 1500 400, calon peserta akan dilayani oleh agent care center untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS mandiri atau kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Yudha Indrajaya, dalam jumpa pers di kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Jalan Sangkuriang Kota Cimahi, Senin 15 Mei 2017.

Sebelum menggunakan layanan pendaftaran lewat care center, calon peserta perlu mempersiapkan enam persyaratan.  Yaitu nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (nomor KTP), nomor rekening tabungan (BRl/BNl/Mandiri), nomor handphone, alamat domisili atau tempat tinggal (untuk pengiriman kartu) dan alamat email.

Setelah menyiapkan persyaratan, calon peserta menghubungi nomor BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Peserta yang mendaftar via care center wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya.

"Akan dilayani agent care center, pembicaraan menjadi bukti pendaftaran. Setelah agen care center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, nomor virtual account akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Kemudian 14 hari setelah calon peserta mendapat sms atau email nomor virtual account, calon peserta harus membayar iuran untuk pertama kalinya," ungkapnya.

Usai pembayaran iuran pertama tersebut, kartu peserta JKN-KIS telah aktif dan kartu fisik akan didistribusikan ke alamat peserta.

Menurut Yudha, perluasan kanal pendaftaran dilakukan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. BPJS Care Center yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, konsultasi, dan pengelolaan media turut dikembangkan memberi layanan pendaftaran.

"Upaya ini dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan masyarakat yang menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan. Kami terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan dan mempercepat cakupan kepesertaan," ungkapnya.

Selain lewat telefon, kanal pendaftaran yang tersedia diantaranya pendaftaran langsung di kantoe BPJS Kesehatan, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota (KLOK), dan Liaison Office (LO). Pendaftaran melalui aplikasi New e-DABU untuk kategori pekerja penerima upah (PPU), pendaftaran online melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id, dan pendaftaran melalui bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan (BNI, BRI, Mandiri).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat