kievskiy.org

Gembiranya Disabilitas Netra Mengenal Satwa Secara Langsung

PEMANDANGAN tak biasa hadir di auditorium PSBN Wyata‎ Guna Bandung, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu, 24 Mei 2017. Tiga ekor satwa asal Kebun Binatang Bandung menghebohkan auditorium PSBN Wyata Guna siang itu. Para siswa disabilitas netra kegelian dan ketakutan ketika diberikan kesempatan memegang tiga satwa yang dibawa pihak KBB ke Wyata Guna saat itu.

Pada kesempatan tersebut, KBB membawa ular sanca, binturung, dan burung kakatua. Yang tentunya ketiga satwa tersebut dibimbing langsung atau dibawah pengawasan zookeeper dan juga dua dokter hewan dari KBB. 

Sebanyak 50 siswa PSBN Wyata Guna saat itu dikelompokkan dalam 8 kelompok masing-masing 7 orang yang bergiliran bisa memegang langsung ketiga satwa tersebut. Pihak KBB secara bergantian menghampiri tiap-tiap kelompok dengan binantangnya sembari menjelaskan jenis binatang tersebut. 

‎Marketing Communication KBB Sulhan Syafii menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari CSR KBB terhadap masyarakat. 

"Kenapa harus teman-teman disabilitas netra yang kami kunjungi karena kami terketuk dengan konidisi mereka yang selama ini hanya mengenal binatang lewat boneka, patung semen binatang atau hanya mendengar dari televisi. Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan kesempatan pada mereka untuk berinteraksi langsung dengan satwa yang kami bawa saat ini,"kata dia.

Dikatakan Aan, binatang yang mereka bawa saat itu merupakan satwa jinak sehingga tidak akan membahayakan para siswa Wyata Guna di sana.

Selanjutnya, kata Aa, pihaknya akan mengundang siswa-siswi Wyata Guna untuk berkunjung ke KBB secara periodik, enam bulan sekali tanpa biaya.

"Dan kami pun tidak menutup kesempatan bagi teman-teman disabilitas lainnya agar bisa‎ berkunjung ke KBB,"kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat