kievskiy.org

Penerangan Jalan Umum di Jalur Mudik Diperbaiki

PEKERJA kontraktor rekanan Dinas Perhubungan Kota Bandung mengganti reflektor dan lampu lalu lintas di pertigaan Jalan Mohammad Toha dan gerbang tol Mohammad Toha  Kota Bandung, Selasa 11 Oktober 2016. Lampu dan reflektor yang diganti untuk pemeliharaan berjumlah 50 set dengan lampu LED.*
PEKERJA kontraktor rekanan Dinas Perhubungan Kota Bandung mengganti reflektor dan lampu lalu lintas di pertigaan Jalan Mohammad Toha dan gerbang tol Mohammad Toha Kota Bandung, Selasa 11 Oktober 2016. Lampu dan reflektor yang diganti untuk pemeliharaan berjumlah 50 set dengan lampu LED.*

NGAMPRAH, (PR).- Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat memastikan sejumlah penerangan jalan umum (PJU) di jalur mudik berfungsi dengan baik menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. Petugas mengecek dan mendata sejumlah PJU yang rusak untuk segera diperbaiki.

Kepala Dinas Perhubungan Ade Komarudin didampingi Kepala Bidang Teknik dan Prasarana Dinas Perhubungan KBB Fauzan menuturkan, pengecekan dilakukan di jalur mudik, yakni di Jalan Cimareme, Jalan Batujajar, Jalan Padalarang, Jalan Purwakarta, dan Jalan Rajamandala. Dia memastikan perbaikan PJU yang rusak selesai pada sepuluh hari menjelang Lebaran.

“Kami melakukan penyisiran PJU-PJU yang rusak agar bisa segera diperbaiki. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar melapor kepada kami jika menemukan PJU yang mati,” ujarnya, Kamis, 8 Juni 2017.

Fauzan mengakui, saat ini jumlah personelnya masih terbatas, sehingga bisa saja tidak semua PJU terkontrol. Dengan demikian, dia meminta bantuan masyarakat untuk melaporkan PJU yang rusak atau mati total.

Masih kurang

Saat ini, total PJU di KBB yaitu sekitar 3.600 unit yang sebagian besar merupakan limpahan dari Kabupaten Bandung. Dari jumlah itu, sekitar 1.000 unit mati total akibat masa pakai serta faktor cuaca.

Fauzan mengakui, saat ini jumlah PJU masih jauh dari kebutuhan. Sebab, jika dilihat dari infrastruktur dan geografis di Kabupaten Bandung Baratyang memiliki 16 kecamatan, idealnya PJU bisa terpasang sebanyak 10.000 unit.

Berdasarkan kajiannya, daerah selatan, seperti Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghalu, dan Rongga paling banyak membutuhkan PJU.  “Di daerah selatan, dibutuhkan sekitar 500 unit PJU untuk satu ruas jalan saja. Namun, belum semuanya bisa kami penuhi,” katanya seraya menambahkan, selain keterbatasan anggaran, menurut dia, jumlah personel teknis juga sangat terbatas, yakni hanya empat orang.

Pantauan PR, wilayah selatan KBB mulai dari Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, dan sekitarnya memang masih minim PJU. Akibatnya, pada malam hari pengendara hanya mengandalkan lampu kendaraannya untuk penerangan jalan.

Daerah perbatasan Batujajar dan Cihampelas dekat Jembatan BBS pun masih minim PJU. Di sekitar lokasi itu, ada beberapa tikungan dan tanjakan/turunan curam, sehingga pengendara harus ekstrahati-hati saat berkendara malam hari.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat