kievskiy.org

Anggaran Besar tetapi Kinerja Dinas Pertanian Bandung Barat Minim

PETANI membajak sawah.*
PETANI membajak sawah.*

NGAMPRAH, (PR).- Kinerja Dinas Pertanian Bandung Barat dinilai masih minim dalam menyejahterakan para petani. Padahal, anggaran untuk Dinas Pertanian dan Ketahanan KBB cukup besar, yakni di atas Rp 15 miliar.

"Dengan anggaran sebesar itu, seharusnya bisa digunakan untuk program-program yang bisa menyejahterakan petani. Namun sekarang, pelatihan untuk petani saja minim," kata Ade Wawan, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bandung Barat, Selasa 25 Juli 2017.

Ade menilai, selama ini keberpihakan Dinas Pertanian kepada para petani sangat kurang. Akibatnya, tidak sedikit para petani di Kabupaten Bandung Barat yang sulit maju. Padahal, anggaran yang berasal dari berbagai sumber di Dinas Pertanian cukup besar.

Menurut dia, di antara keluhan para petani yaitu minimnya penyuluhan dan pembinaan. Penyuluhan hanya diberikan untuk kelompok tani lama, sedangkan kelompok petani baru tidak diberikan pembinaan.

"Ini menyebabkan kelompok petani baru sulit berkembang. Padahal seharusnya, mereka juga mendapatkan pembinaan yang intensif," tuturnya.

Mayoritas buruh tani

Ade menambahkan, kesejahteraan petani perlu mendapatkan prioritas. Sebab, mayoritas penduduk Bandung Barat merupakan petani dan buruh tani. Jika mereka bisa mengolah dan memasarkan hasil tani dengan baik, kesejahteraan mereka pun akan meningkat.

"Petani harus mandiri, dan mempunyai ilmu tradisional. Penyuluhan seharusnya bukan seremonial saja, akan tetapi itu harus kontinyu dan berdampak. Dalam setiap penggangaran pun saya rasa itu cukup," katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB Ida Nurhamida membantah jika kinerja dinasnya minim. Sebab, berbagai program penyuluhan dan bantuan rutin diberikan kepada para petani.

Belum maksimal

"Program-program berjalan seperti biasa. Kalau dewan bilang minim, ya itu hak mereka yang punya fungsi pengawasan. Tapi coba saja cek langsung ke petani," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat