kievskiy.org

Ridwan Kamil Resmikan Pemberlakuan Terminal Parkir Elektronik

BANDUNG, (PR).- Kota Bandung resmi memberlakukan Terminal Parkir Elektronik (TPE) untuk pembayaran retribusi parkir. Dengan pemberlakuan ini, Kota Bandung semakin memantapkan langkah menuju kota cerdas.

Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Wiwik Sisto Widayat dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi. Peresmian dilakukan di Jalan Braga Pendek, Jumat 4 Agustus 2017.

Itu berarti mulai saat ini, warga yang akan memarkirkan kendaraannya di titik-titik parkir pusat kota harus mulai membiasakan diri dengan sistem pembayaran menggunakan uang elektronik. Ada 445 unit TPE di 57 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bandung.

Tujuan penggunaan TPE ini, dikatakan Ridwan Kamil, adalah untuk meningkatkan pendapatan retribusi parkir. Selama ini, pendapatan dari parkir tidak sesuai dengan potensi yang ada. Ridwan menilai, ada banyak pemasukan yang tidak masuk ke kas negara.

Meskipun demikian, Ridwan tidak menampik bahwa program ini membutuhkan waktu agar sesuai dengan ekspektasi. Sosialisasi kepada masyarakat adalah pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh Dinas Perhubungan.

"Ini kan hal baru di mana membayar parkir yang biasa manual menjadi elektronik. Pastilah butuh waktu dari masyarakat yang puluhan tahun terbiasa bayar parkir ngambil uang kemudian bayar ke manusia, ke tukang parkir, tiba-tiba harus berubah meluangkan waktu," tutur Ridwan Kamil melalui rilis resmi yang diterma Pikiran Rakyat.

Ridwan Kamil ajak warga naik kelas

Kendati begitu, menurutnya langkah ini harus tetap ditempuh agar warga Bandung bisa naik kelas mengejar peradaban yang semakin modern. Di luar negeri, sistem ini sudah banyak dilakukan. Ridwan menyebutkan bahwa setidaknya butuh 1,5 tahun agar program ini bisa dikatakan sukses dijalankan.

"Jadi kalau ada yang belum apa-apa bilang sudah gagal, baru juga mulai. Kadang-kadang orang tidak sabar. Nanti dievaluasi setelah satu tahun, apakah pendapatan naik seperti tujuan kita. Harapannya begitu, harapannya semua lancar," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat