kievskiy.org

1.500 Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA/Sederajat di Luar Negeri

NGAMPRAH, (PR).- Para lulusan SMA/sederajat bisa langsung bekerja di luar negeri. Sekitar 1.500 lowongan kerja ke negara-negara Asia Pasifik ditawarkan di Bursa Kerja Bandung Barat 2017 di Kompleks Pusdikpassus, Batujajar pada 8-10 Agustus ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KBB, Iing Solihin, mengungkapkan, ada sekitar 6.000 lowongan kerja dari 50 perusahaan yang disediakan di bursa kerja ini. Sementara itu, sekitar 1.500 lowongan kerja ke luar negeri ditawarkan oleh 3 perusahaan, yakni PT Mardel Anugerah, PT Ekasanti, dan PT Sudinakarta. "Lowongan ke luar negeri ini untuk tenaga kerja formal dan informal. Negara-negara tujuan di antaranya Singapura, Malaysia, Jepang, Taiwan, dan Korea," katanya di Batujajar, Selasa 8 Agustus 2017.

Menurut Iing, sekitar 70 persen dari lowongan kerja yang disediakan ditujukan bagi para lulusan SMA/sederajat dan sisanya untuk D3 hingga S1. Bidang pekerjaan yang ditawarkan di antaranya operator teknis, tenaga administrasi, pramusaji, pramuniaga, hingga tenaga kesehatan. Para pelamar kerja diminta untuk membawa surat lamaran lengkap dengan curriculum vitae dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk pembuatan kartu AK1, bisa dilakukan di lokasi bursa kerja tanpa dipungut biaya.

Iing mengungkapkan, bursa kerja rutin digelar setiap tahun sebagai salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran. Saat ini, angka pengangguran di KBB sudah di angka 4 persen atau di bawah rata-rata nasional, yakni 5,4 persen. Padahal tahun lalu, angka pengangguran di KBB masih 6 persen.  "Tak dimungkiri, kegiatan seperti bursa kerja ini bisa meminimalisasi angka pengangguran. Kami harap ke depan bisa turun lagi sampai 2 persen," ujarnya.

Direktur PT Mardel Anugerah, Cepi Nugraha mengungkapkan, perusahaannya baru pertama kali ikut bursa kerja di KBB. Ia menyediakan sekitar 300 lowongan untuk bekerja di Malaysia. "Lowongan ini untuk pekerjaan operator produksi di bidang manufaktur. Persyaratannya minimal pendidikan terakhir SMA/sederajat," katanya.

Sementara itu, pelamar kerja asal Kecamatan Cipeundeuy, Herman Dermawan (27) mengatakan, dirinya tertarik untuk melamar ke berbagai perusahaan. Ia ingin mencari pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikannya, yakni bidang administrasi. "Tapi, saya juga tertarik untuk bekerja di luar negeri seperti Jepang dan Korea buat nambah pengalaman. Sekarang, cari informasi dulu di sini," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat