kievskiy.org

Masih Langka, Harga Cabai Belum Menentu

BANDUNG, (PR).- Harga cabai merah dan cabai rawit di Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung, turun. Dari sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram, menjadi Rp30 ribu per kilogram setelah sebulan terakhir berada diangka yang stabil yakni Rp40 ribu per kilogram.

"Turun sekarang mah, tadinya Rp40 ribu sekarang jadi Rp30 ribu, normal lagi," kata salah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Gedebage Kota Bandung, Mimin, Jumat, 13 Oktober 2017, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Hanya saja, tambah dia, harga cabai keriting mengalami kenaikan dibandingkan harga cabai lainnya, seperti cabai merah tanjung. Ia menuturkan cabai keriting mengalami kenaikan Rp 15 ribu dari harga sebelumnya.

"Kalau cabai keriting yang naik, tadinya Rp 20 ribu sekarang Rp 35 ribu," ujar Mimin.

Mimin dan pedagang cabai lainnya mengeluhkan masih langkanya cabai di tangan petani pasca kemarau panjang bulan kemarin.

Sehingga dampaknya, tambah dia, saat ini harga cabai tidak berada di jalur yang stabil bahkan dari jarak dua hari saja, dan saat ini harga dari petani sendiri dipatok Rp21 ribu per kilogram.

"Sekarang itu enggak menentu kadang dua hari turun, kadang naik, tergantung persediaan barang di petani, sekarang dari petaninya 21 ribu," imbuh dia.

Mimin menuturkan bahwa harga cabai sempat stabil sejak sebulan lalu, yang cenderung murah, sampai di harga Rp7000.

"(Harga) stabil kemarin pas sebulan kemarin, cabai mah stabil semua, murah. Harga sampe ke tujuh ribu," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat