kievskiy.org

Selain Nenek Titing Preman Pensiun, Banyak Orang Hilang di Cikole

RADEN Siti Widianingsih alias Nenek Titing, salah seorang pemain di sinetron Preman Pensiun yang hilang di hutan Cikole, Kabuparten Bandung Barat.*
RADEN Siti Widianingsih alias Nenek Titing, salah seorang pemain di sinetron Preman Pensiun yang hilang di hutan Cikole, Kabuparten Bandung Barat.*

NGAMPRAH, (PR).- Kejadian orang hilang sudah beberapa kali terjadi di kawasan hutan Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Meski demikian, baru Raden Siti Widianingsih alias Titing (75) yang belum ditemukan sampai lebih dari sepekan. 

Nenek Titing adalah nenek dari salah seorang pemain dalam sinetron Preman Pensiun. Ia dikabarkan menghilang di wilayah hutan Gunung Tangkubanparahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 31 Oktober 2017 lalu. Nenek Titing hilang saat ikut gerak jalan dari bumi perkemahan Cikole ke Puncak Eurad.

Rabu 8 November 2017 ini adalah hari ke-9 pencariannya. Upaya pencarian dilakukan SAR dibantu aparat dan warga setempat.

"Kalau dikatakan sering (ada orang hilang), sebetulnya tidak juga. Tapi ada beberapa kali kejadian orang hilang di sini," kata Kepala Desa Cikole, Jajang Ruhiat, di Posko SAR Gabungan Cikole. 

Meski demikian, kata Jajang, kejadian orang hilang di hutan Cikole biasanya bisa ditemukan atau orangnya pulang sendiri. "Satu atau dua hari orang yang hilang itu sudah ditemukan. Baru Mak Titing saja yang menghilang lama," katanya.

Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menghentikan pencarian pada hari ke-7. Mereka tidak mendapatkan temuan baru yang mengarah pada keberadaan Nenek Titing. Meski begitu, warga Cikole bersama sejumlah pencinta alam dari berbagai komunitas memutuskan untuk terus melanjutkan pencarian.

"Sesuai SOP, tim dari Basarnas sudah ditarik, tapi bisa diperpanjang lagi kalau ada temuan baru. Nah, sekarang pencarian dilakukan oleh warga sekitar maupun komunitas pencinta alam dari Wanadri dan Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia. Tadi pagi sudah berangkat 57 orang, tapi masuk siang atau sore biasanya suka sampai ratusan orang yang ikut mencari," katanya.

Pencarian diperpanjang

Menurut Jajang, warga Cikole antusias dalam melakukan pencarian dipicu oleh keguyuban masyarakat. Selain itu, pihak keluarga Nenek Titing, yang juga merupakan nenek dari pemeran copet di sinetron "Preman Pensiun", Ucup Ubed, masih berharap pencarian terus dilakukan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat