kievskiy.org

15 Mojang Siap Bersaing di Pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat 2018

Para finalis Pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat 2018 di Courtyard Marriot Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Selasa 6 Februari 2018.
Para finalis Pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat 2018 di Courtyard Marriot Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Selasa 6 Februari 2018.

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 15 perempuan menjadi finalis "Puteri Indonesia Jawa Barat 2018". Mereka memulai karantina pada 6 Februari, dan akan terpilih sebagai Puteri Indonesia Jawa Barat pada 10 Februari 2018.

Pemegang lisensi sekaligus Ketua Panitia Pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat, Rezka Okto mengatakan, seleksi telah dimulai sejak 1 November sampai 31 Desember 2017. Pada tahap itu, panitia menjaring berkas peserta. Dari seleksi administrasi, penyelenggara yang berada di bawah Yayasan Puteri Indonesia melakukan wawancara dengan calon peserta dan uji catwalk.

"Setelah menilai dari beberapa tahap, kami memutuskan memilih 15 finalis Puteri Indonesia Jawa Barat 2018. Mereka akan memperebutkan gelar juara dan di bawa ke kompetisi Puteri Indonesia tingkat nasional Maret 2018 nanti," tutur Rezka pada jumpa wartawan di Courtyard Marriot Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Selasa 6 Februari 2018.

Rezka mengungkapkan, tahun ini seleksi peserta cukup berat. Pasalnya, Jawa Barat jadi punya standar tinggi yaitu Kevin Liliana yang berhasil menjadi Miss International beberapa waktu lalu. Kevin merupakan finalis Puteri Indonesia 2017 asal Jawa Barat. Prestasi Kevin di tingkat internasional menjadi pekerjaan rumah yang besar untuk peserta tahun ini. Para finalis, kata Rezka, harus menggali dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Rezka menyebutkan, selama karantina, ke-15 finalis akan mendapat banyak ilmu dan pengalaman. Mereka akan bertemu isteri Menteri Tenaga Kerja, anggota DPR RI, tokoh budaya Sunda, dan tokoh masyarakat. Selain itu, mereka juga akan mendapat pembekalan dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Tak hanya di dalam kelas, para finalis juga akan mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Kota Bandung.

Menurut Rezka, yang pasti mereka mencari calon Puteri Indonesia yang memenuhi standra 3B yaitu brain, beauty, dan behaviour. Tinggi badannya minimal 170 centimeter, dan usia 18 sampai 25 tahun. Juri juga akan menilai dari cara bicara, sosialisasi, dan wawasan para finalis.

"Kegiatan ini bermanfaat bagi pariwisata di daerah masing-masing, karena mereka menjadi salah satu ujung tombak untuk promosi yang cukup baik dan bisa dilibatkan dalam kegiatan yang ada di Jawa Barat. Besar harapan kami, semoga para finalis bukan hanya cantik, tapi yang bisa memahami budaya daerahnya, menjaga keutuhan budaya, memiliki ilmu pengetahuan, dan etika yang baik," ujar Rezka.

Tiga perwakilan

Sebelum malam grand final, Sabtu 10 Februari 2018, para finalis akan menampilkan unjuk bakat dan memeragakan busana tradisional. Pada unjuk bakat dan peragaan busana daerah, yaitu Jumat 9 Februari 2018, masyarakat bisa datang dan melihat di Courtyard Marriot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat