kievskiy.org

Bandros dan Boseh Disiapkan untuk Wisata Bersejarah Bandung

DERETAN sepeda
DERETAN sepeda

BANDUNG, (PR).- Bus Bandung Tour on Bus (Bandros) rute wisata sudah mulai bisa dimanfaatkan pengguna. Para penikmat wisata Kota Bandung disarankan meninggalkan kendaraan pribadinya untuk mulai memanfaatkan bus di lima koridor yang menjangkau lokasi wisata andalan Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, penyediaan 12 bus Bandros baru khusus melayani jalur wisata ini sesuai dengan kebutuhan Bandung sebagai kota wisata. Yang ditawarkan Kota Bandung pada wisatawan adalah wisata bangunan bersejarah.

Dengan dibangunnya monumen kawasan kota lama di beberapa titik menjadi penanda bagi wisatawan memasuki wisata bangunan sisa masa kolonial.

"Nah, harapan kita di dalam batas kota kolonial itu para wisatawan atau warga yang berinteraksi kurangilah naik mobil, motor, karena di kota kolonial yang bersejarah itu rata-rata pedestriannya sudah dibereskan," ujar Ridwan, seusai peluncuran layanan lima koridor bus Bandros rute wisata, di Alun-alun Kota Bandung, Selasa, 13 Februari 2018.

Ridwan menjelaskan, bus Bandros yang dimiliki Kota Bandung baru 18 unit. Ada enam dari bantuan perusahaan (CSR), dan 18 dari APBD. Idealnya minimal ada 36 untuk melayani lima koridor yang telah disiapkan.

"Jadi nanti akan diselesaikan di tahun depan. Sisanya di wali kota yang baru," katanya.

Selain peluncuran bus Bandros rute wisata, momentum itu juga sekaligus mengenalkan sistem pembayaran nontunai untuk jasa layanan sewa sepeda Boseh.

Rute Bandros

Bandros baru yang dicat berwarna-warni itu akan melayani transportasi melalui lima rute wisata ke berbagai penjuru Kota Bandung. Tiap warna Bandros memiliki rutenya masing-masing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat