kievskiy.org

Museum Pos Indonesia, Mencatat Masa Emas Zaman Surat-Menyurat

DI zaman yang semakin modern, mengirim pesan menjadi hal yang sangat mudah. Tekologi telefon pintar memungkinkan untuk berkirim pesan hanya dalam sekejap saja. Perlahan surat-menyurat mulai ditinggalkan.

Bertukar pesan lewat surat pernah menjadi episode penting dalam perkembangan komunikasi masyarakat. Pak Pos menjadi sosok yang ditunggu-tunggu.

Pengiriman surat lewat pos di Indonesia mulai muncul sejak tahun 1602, saat itu VOC masih berkuasa. Hingga akhirnya kantor pos pertama di Indonesia didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746 oleh Gubernur Jenderal G. W. Baron Van Imhoff yang berlokasi di Batavia (Jakarta).

Seiring perkembangan teknologi, peran pos mulai terkikis. Pos harus bersaing dengan perkembangan teknologi yang membuat pertukaran pesan jadi lebih mudah, cepat, dan murah.

Meski demikian, tak ada yang memungkiri peran besar Pos Indonesia bagi peradabaan. Jejak emasnya bisa dilihat di Museum Pos Indonesia yang berlokasi di Jalan Cilaki nomor 73 Kota Bandung.

Didirikan pada 1931, museum ini awalnya bernama Museum PTT (Pos, Telegrap, dan Telepon). Museum Pos Indonesia sempat direnovasi guna memperbaiki dan memelihara benda-benda bersejarah koleksinya. Hasil renovasi itu diresmikan bertepatan dengan Hari Bakti Postel ke-38 pada 27 September 1983. Hasil renovasi diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Achmad Tahir dengan nama Museum Pos dan Giro.

Semula museum ini hanya menyajikan benda koleksi seperti prangko, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun setelah pelayanan museum lebih diperhatikan, koleksi lainnya mulai bertambah, seperti peralatan, visualisasi, diorama kegiatan layanan pos, dan masih banyak lagi. Seiring dengan perubahan status perusahaan dari Perusahaan Umum (PERUM) Pos dan Giro menjadi PT Pos Indonesia (PERSERO) pada tanggal 20 Juni 1995, museum berganti nama menjadi Museum Pos Indonesia.

Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket untuk mengunjungi Museum Pos Indonesia. Pengunjung hanya diharuskan mengisi buku tamu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat