kievskiy.org

Bahkan Remaja pun Prihatin Pergaulan Bebas di Cimahi

AKSI Kampanye Tolak Pergaulan Bebas digelar Forum Anak Kota Cimahi menggelar di area Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Minggu 15 April 2018.*
AKSI Kampanye Tolak Pergaulan Bebas digelar Forum Anak Kota Cimahi menggelar di area Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Minggu 15 April 2018.*

CIMAHI, (PR).- Prihatin dengan kondisi pergaulan remaja, Forum Anak Kota Cimahi menggelar Kampanye Tolak Pergaulan Bebas di area Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Minggu 15 April 2018. Dampak negatif pergaulan bebas sangat merugikan sehingga mereka minta perlindungan semua pihak agar anak-anak tidak terjerumus pergaulan bebas.

Aksi dilakukan dengan memberi sosialisasi dan paparan kepada masyarakat yang melintas. Mereka membawa poster berisi seruan kampanye tolak pergaulan bebas, sekaligus mengajak masyarakat menandatangani petisi pada selembar kain.

Ketua Umum Forum Anak Kota Cimahi, M. Aldi, mengatakan bahwa aksi kampanye tolak pergaulan bebas muncul atas keprihatinan di lingkungan sekitar. "Aksi pergaulan bebas cukup marak dilakukan anak-anak. Kami ingin masyarakat peduli dan sama-sama tolak pergaulan bebas di kalangan anak muda," ujarnya.

Beberapa perilaku pergaulan bebas dilakukan anak di bawah umur yang muncul di lingkungan. Salah satu di antaranya adalah merokok yang menjadi awal penyalahgunaan narkoba, menonton film porno, hingga 'ngajalur', yaitu aksi nebeng kendaraan bak terbuka dengan tujuan tak jelas yang banyak dilakukan pada jam belajar sekolah.

"Hal-hal itu dilakukan anak-anak masih di bawah umur, rela meninggalkan kegiatan skolah serta membahayakan kesehatan dan jiwa," ungkapnya.

Penuhi hak anak

Menurut Aldi, dampak negatif perilaku pergaulan bebas terutama banyak hak anak yang dilanggar dan tidak terpenuhi.

"Misal, seorang anak melakukan seks bebas. Otomatis hak sebagai anak tak dilindungi karena tidak seharusnya seks dilakukan di bawah umur dan tidak bertanggungjawab. Belum lagi dari segi kesehatan mereka sangat riskan terpapar penyakit," ucapnya.

Pihaknya ingin menggugah masyarakat agar memberi perlindungan kepada anak dengan memastikan hak-hak anak terpenuhi. Mereka juga ingin mengadvokasi hal tersebut kepada Pemkot Cimahi agar memiliki kebijakan yang ramah anak dan melindungi hak anak.

"Kampanye ini diharapkan dapat memininalisasi hal-hal negatif seperti itu. Diharapkan juga ada solusi dari pemerintah dan masyarakat menyikapi lebih serius fenomena pergaulan bebas di lingkungan anak dan menyelamatkan generasi kami dari pengaruh buruk pergaulan bebas," tuturnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat