kievskiy.org

Selayaknya Bandung Tawarkan Wisata Musik

BANDUNG, (PR).- Bandung perlu mengangkat wisata musik sebagai potensi melawan kejenuhan wisata kota yang tersedia saat ini. Wisata musik bisa dijadikan unggulan Kota Bandung yang mampu menarik perubahan baik bagi wisata kuliner, belanja, seni, hingga budaya.

“Kita merancang sudut musik di penjuru kota, lengkap dengan genre metal, rock, jazz, dangdut, dan itu akan dikunjungi spot tersebut termasuk space bermusik di taman-taman musik. Jadi atraksi wisata Bandung enggak hanya kuliner atau yang selama ini sudah ada, tetapi juga musik,” kata Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat, atau biasa dikenal dengan Ruli, di Bandung, Kamis, 25 Mei 2018.

Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat akan membangun sudut-sudut musik di banyak wilayah di Kota Bandung. Dengan beragamnya genre, ia berharap ruang di sudut itu akan menjadi ikon baru wisata Kota Bandung.

Pembagian aliran musik di berbagai penjuru kota itu bertujuan untuk menyebarkan wisatawan dan warga lokal untuk dapat memilih tujuan wisatanya sesuai selera lagu yang mereka inginkan. Penyebaran sudut itu juga akan memicu sebaran industri dan ekonomi lokal yang merata.

Dengan begitu, wisatawan tidak akan terkonsentrasi di pusat kota. Sementara sentra UMKM bisa ikut bergabung mendulang pendapatan di wilayahnya masing-masing.

Ruli menambahkan, selama ini Bandung juga ditunjang dengan industri alat musik dan merchandise musisi dan band yang bisa memberi penghidupan yang layak bagi para pekerja seni Bandung itu, selain dari penjualan album dan royalti.

Ditambah dengan pertunjukan mingguan atau dwimingguan, kata Ruli, Kota Bandung bukan hanya akan memiliki festival musik paling banyak yang pernah ada, tetapi juga yang menyejahterakan para musisinya. Wisatawan pun diyakini akan menjadikan konser musik itu destinasi wisata baru.

“Setelah mengeluarkan album atau karya, musisi itu kan butuh main live rutin. Mereka butuh panggung promo, konser, mereka butuh gigs, butuh show, agar keluarganya juga bisa terjamin nafkahnya. Di sisi lain, penikmat dan fansnya akan puas bersenang-senang,” kata Ruli, yang juga menjadi vokalis di band Siropleci itu.

Venue konser internasional

Untuk jangka menengah, Nuruli akan membangun venue konser bertaraf internasional agar mampu menampung animo penggila musik yang masif. Ia mengaku tidak akan lupa memikirkan soal izin pertunjukan. Dengan kondusifitas Bandung yang terus terjaga dalam keharmonisan, Pemerintah Kota Bandung yang dipimpinnya bersama Nurul Arifin akan mempermudah izin pertunjukan di Kota Bandung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat