kievskiy.org

KPU Bandung Barat Kerahkan 150 Sukarelawan untuk Sortir Surat Suara

Surat Suara untuk Pilbup Bandung Barat 2018.*
Surat Suara untuk Pilbup Bandung Barat 2018.*

NGAMPRAH, (PR).- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat telah menerima 1.190.965 lembar surat suara untuk Pilbup Bandung Barat 2018. Guna memastikan surat suara dalam kondisi baik, KPU Bandung Barat merekrut 150 tenaga sukarelawan untuk melakukan penyortiran, pelipatan, dan pemeriksaan surat suara.

"Total surat suara yang kami terima berjumlah 1.190.965 lembar, itu untuk Pilbup Bandung Barat 2018 saja. Untuk Pilgub Jawa Barat 2018, surat suara baru datang dari percetakannya beberapa hari lagi. Jumlahnya sama, 1.190.965 lembar," kata Iing di Padalarang, Selasa, 29 Mei 2018.

Menurut dia, penyortiran surat suara yang dilakukan di GOR Futsal Baloper mendapat bantuan dari warga di sekitar GOR dan warga di sekitar Kantor KPU yang berada di Tagogapu. Para tenaga sukarelawan itu, kata Iing, diseleksi terlebih dahulu sebelum direkrut sesuai standar operasional prosedur (SOP), yang salah satunya ialah terkait denga. netralitas.

"Kami berdayakan warga sekitar Gor dan kantor KPU KBB, ya hitung-hitung 'ngabuburit'. Proses perekrutan tenaga lipat dan sortir ini memang agak lama, karena kami harus pastikan mereka bisa pahami SOP netralitas," katanya.

Surat suara untuk pilbup, kata Iing, sudah tiba di KPU sejak Rabu, 23 Mei 2018 lalu. Dalam penyortiran tersebut, para tenaga sukarelawan mendapat bantuan dari petugas panitia pelaksana kecamatan sebagai pengawas dan agen sosialisasi.

Dia menargetkan, penyortiran surat suara untuk pilbup bisa selesai pada Kamis, 31 Mei 2018, atau Jumat, 1 Juni 2018 mendatang. Penyortiran kemudian dilanjutkan terhadap surat suara untuk Pilgub Jabar 2018.

"Kalau dirasa lambat, kami akan menambah personel yang melakukan penyortiran," ujarnya. 

Komisioner KPU Bandung Barat Bidan Logistik, Patria Hidayat menyebutkan, surat suara untuk pilbup terdiri atas 596 dus. Oleh karena itu, tenaga lipat dan sortir dibagi menjadi 15 kelompok, yang masing-masing ditargetkan bisa menyelesaikan penyortiran satu dus dalam waktu satu jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat