kievskiy.org

Median Menangkan Pasangan Ini di Pilwalkot Bandung 2018

JAKARTA, (PR).- Selain merilis hasil survei untuk Kabupaten Bandung Barat, Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) juga merilis hasil riset mereka yang menyatakan bahwa pasangan calon wali kota-wakil wali kota Bandung, Oded M Danial-Yana Mulyana unggul atas dua pasangan rival mereka.

Dalam survei yang dirilis Sabtu 23 Juni 2018, pasangan Oded-Yana memimpin dengan raihan suara 42,0 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, posisi elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan Oded-Yana disusul pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat dengan 30,5 persen. Sementara di tempat ketiga diduduki pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna dengan 16,9 persen dengan yang belum menentukan pilihan sebesar 10,6 persen.

"Berdasarkan temuan survei, dengan menanyakan, siapa yang akan dipilih jika pilkada dilakukan saat ini? Ternyata elektabilitas pasangan Oded-Yana sementara ini masih unggul," kata Rico, melalui siaran pers, Sabtu 23 Juni 2018.

Baca juga: Hasil survei Median di Pilbup Bandung Barat 2018

Data survei juga menunjukkan bahwa pasangan Oded-Yana unggul terutama karena faktor kinerjanya yang dianggap positif di mata publik Kota Bandung selama menjadi wakil wali kota Bandung. Angkanya pun cukup tinggi, yaitu 68.5 persen. 

"Sedangkan yang tidak puas hanya 18.9 persen," katanya seraya menuturkan, dinamika dalam Pilwalkot Bandung 2018 masih mungkin terjadi mengingat jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan masih sekitar 10,2 persen.

Metode survei

Median menggelar survei opini publik di Kota Bandung sebelum pemilihan wali kota dan wakil wali kota digelar. Mereka melakukan wawancara dan pengumpulan data lapangan pada 19-22 Juni 2018. 

Dalam survei ini, jumlah sampel yang diambil sebanyak 800 responden, menggunakan metode multistage random sampling, dan margin of error sebesar 3,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat