kievskiy.org

Konstruksi Perpanjangan Teras Cihampelas Dimulai

WARGA menaiki Teras Cihampelas, di Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu, 2 September 2017. Pemkot Bandung akhir tahun ini akan menuntaskan konstruksi Teras Cihampelas tahap 2. Dana yang disiapkan untuk proyek bernilai Rp22 miliar tersebut masih dalam tahap lelang.*
WARGA menaiki Teras Cihampelas, di Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu, 2 September 2017. Pemkot Bandung akhir tahun ini akan menuntaskan konstruksi Teras Cihampelas tahap 2. Dana yang disiapkan untuk proyek bernilai Rp22 miliar tersebut masih dalam tahap lelang.*

BANDUNG, (PR).- Konstruksi jalur layang pedestrian Teras Cihampelas tahap kedua telah dimulai. Menyambung konstruksi lama, Teras Cihampelas tahap II itu ditargetkan selesai akhir tahun ini.

“(Teras Cihampelas tahap II) Sudah lelang, dan kemarin sudah sosialisasi dan sudah siap dilakukan pemancangan tiang-tiangnya. Jadi warga Bandung, (terkait kemacetan) mohon maaf, kita ada pekerjaan Skywalk tahap II,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arief Prasetya, di Balai Kota Bandung, Kamis, 9 Agustus 2018.

Pembangunan Teras Cihampelas tahap II ini merupakan lanjutan dari proyek Teras Cihampelas awal sepanjang 450 meter. Proyek sambungan ini akan melanjutkan jalur pejalan kaki versi layang sekitar 250 meter, dengan menghabiskan anggaran Rp 9 miliar.

Arief menjelaskan, karena konstruksi lama akan disambung dengan konstruksi baru, desain dan material diperkirakan tidak akan banyak berubah. Pelat baja akan menjadi konstruksi utama.

Pembangunan Teras Cihampelas yang lalu dibuat dengan menggunakan produk precast concrete hollow-core slab sebagai pelat lantai. Konstruksi sepanjang 250 meter dengan lebar rata-rata 7.6 meter dan tinggi 4.6 meter, berfungsi sebagai sarana untuk pejalan kaki. Hanya, selama ini pemerintah kota juga turut memfungsikan sarana tersebut sebagai ruang publik dan ruang komersial.

“Tidak ada perbedaan desain. Cuma tidak ada lokasi pedagang. Sudah mulai hari ini (Kamis). Insyaallah targetnya empat bulan beres. Panjang 250 ke arah bawah (Jalan Cihampelas),” katanya.

Tanpa PKL

Perbedaan dengan Teras Cihampelas awal, kali ini Pemerintah Kota Bandung tidak membangun jalur pejalan kaki dengan area berjualan. Area dek di atas Jalan Cihampelas itu tidak menyediakan titik untuk kios ataupun jongko pedagang kaki lima (PKL). Arief menjelaskan, tugas pokok Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung hanya membangun Teras Cihampelas.

Adapun kaitan dengan PKL berhubungan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung. Sejauh ini tidak ada pembahasan terkait penambahan PKL di Teras Cihampelas. Lokasi lama telah mengakomodir seluruh pedagang yang sempat memenuhi trotoar di Jalan Cihampelas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat