kievskiy.org

1.654 Surat Suara Pemilu 2024 di Cimahi Rusak, KPU Ajukan Penggantian

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara.
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara. /Antara/ARIF FIRMANSYAH

PIKIRAN RAKYAT - Proses sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di Kota Cimahi telah rampung. Berdasarkan sorlip tersebut, ditemukan 1.654 lembar surat suara yang rusak atau cacat.

Berdasarkan data KPU Kota Cimahi, surat suara yang mengalami kerusakan di antaranya surat suara Pilpres (63 lembar), surat suara DPD (683 lembar), surat suara DPR (404 lembar), surat suara DPRD Provinsi (380 lembar), dan surat suara DPRD Kota Cimahi (124 lembar).

"Untuk proses sorlip sudah selesai semua lima jenis surat suara Pemilu 2024. Dari proses tersebut, ditemukan kerusakan lebih dari 1.000 lembar," ujar Ketua KPU Kota Cimahi Anzhar Ishal Afryand, Jumat, 19 Januari 2024.

KPU Kota Cimahi menerima sebanyak 2.128.805 lembar surat suara Pemilu 2024, masing-masing jenis surat suara terdiri dari 425.761 lembar.

Proses sorlip surat suara dilakukan gudang logistik Pemilu 2024 di Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi.

"Sorlip dilakukan untuk memastikan surat suara yang akan dipakai kondisinya memenuhi syarat. Yang ditemukan selama proses sorlip surat suara kerusakannya seperti ada noda, sobek dan ada warna yang pudar," ucapnya.

Kriteria surat suara rusak atau cacat diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1395 Tahun 2023 Tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilihan Umum.

  1. Hasil cetak warna surat suara tidak merata, tidak jelas, tidak terbaca, dan terdapat banyak noda.
  2. Surat suara kusut/mengkerut dan sobek.
  3. Warna penanda surat suara tidak sesuai dengan jenis Pemilu.
  4. Nama dan logo partai politik tidak lengkap dan/atau tidak jelas.
  5. Logo KPU tidak jelas.
  6. Terdapat lubang pada kolom nomor urut atau kolom foto atau kolom nama pasangan calon sehingga menimbulkan kesan surat suara sudah dicoblos.
  7. Foto calon dan/atau pasangan calon buram dan/atau berbayang.
  8. Warna lambang partai tidak sesuai dengan Keputusan KPU mengenai standar dan spesifikasi teknis nama, nomor urut, dan tanda gambar partai politik peserta Pemilihan Umum.

Anzhar menyatakan, pihaknya mengajukan penggantian ribuan surat suara Pemilu 2024 yang rusak. Mekanisme penggantian dilakukan secara bertahap ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Barat.

"Kita ajukan penggantian surat suara yang rusak ini melalui KPU Jabar. Diajukan sesuai kerusakan masing-masing surat suara yaitu Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Cimahi," katanya.

Tahapan selanjutnya, KPU Kota Cimahi akan melakukan proses setting seluruh logistik Pemilu 2024. Nantinya akan didistribusikan ke setiap PPK hingga KPPS di Kota Cimahi.
"Setelah sorlip ini tahapan berikutnya setting logistik Pemilu 2024. Seperti kotak suara, surat suara dan sebagainya. Lalu nanti dilanjutkan dengan proses distribusi menjelang pencoblosan," tuturnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat