kievskiy.org

Bhayangkara FC Bakal Wadahi Para Penggawa Timnas U-20 di Liga 1 2023/2024

Bhayangkara FC Dandy Sulistyawan (kiri) menendang bola dengan dihadang pemain PS Barito Putera FR Sokoy (kanan) pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti.
Bhayangkara FC Dandy Sulistyawan (kiri) menendang bola dengan dihadang pemain PS Barito Putera FR Sokoy (kanan) pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti. /Antara/Fakhri Hermansyah

PIKIRAN RAKYAT - Rencana agar para penggawa Timnas U-20 ditampung dalam satu tim di Liga 1 tampaknya akan mulai direalisasikan. Bhayangkara FC disebut akan menjadi klub yang menampung Timnas U-20.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir kepada wartawan di GBK Arena, Senayan, Jakarta pada Rabu, 19 April 2023. Dia mengaku telah berbicara dengan pemilik Bhayangkara FC terkait rencana itu.

Mengumpulkan Timnas U-20 dalam satu tim dan bermain di Liga 1, katanya, merupakan permintaan dari Presiden RI Joko Widodo supaya para pemain tersebut tidak terpencar-pencar, diharapkan bisa menjalin chemistry yang lebih baik.

Baca Juga: Erick Thohir Bocorkan Liga 1 2023/2024 Dimulai 1 Juli

"Kami sudah bicarakan dengan pemilik Bhayangkara FC. Kalau Timnas U-20 akan jadi tim masa depan kita, kalau ada pemain yang belum punya klub mungkin bisa dimasukan ke tim ini. Karena mereka punya talenta dan jam terbang laga itu perlu," ujarnya.

Erick menilai sulit jika harus membuat tim baru untuk Timbas U-20. Sesuai statuta, tim peserta Liga 1 berjumlah 18 tim dan jumlah tersebut tak bisa tambah. Sehingga, pihaknya menilai perlu ada terobosan baru.

"Nanti klubnya tambah enggak bisa, di Liga 1 saja sudah ada 18, kalau tambah 1 tim lagi jadi aneh. Ini 18 klub saja masih bingung mengaturnya. Jadi dari 18 klub ini kita akan pakai satu. Toh, ada paradigma yang sama di dunia olahraga, contohnya di Basket, Timnas bermain di IBL," katanya.

"Apakah itu bagus? Ya, kita review nanti. Tidak bisa bilang ini salah dan benar dulu. Kan kita sudah ada program primavera, kirim ke Uruguay, program Garuda Select dll. Jadi mungkin musti ada hal yag baru juga kita lakukan. Salah satunya ya membentuk tim utuh di sebuah klub dengan pemain Timnas U-20 dan Timnas U-22. Ini supaya jangka panjang, prestasi kita bia lebih baik. Karena kita punya peta jalan menuju 2045," tambahnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat