kievskiy.org

Sri Mulyani: Tantangan Kita Pulihkan Ekonomi di Kuartal IV dan di Tahun 2021

Menteri Keuangan, Sri Mulyani.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. /Instagram.com/@smindrawati Instagram.com/@smindrawati

PIKIRAN RAKYAT - Melalui Diskusi Daring di Jakarta pada Selasa 8 Desember 2020, Sri Mulyani menyatakan Pemerintah masih punya tantangan untuk pulihkan ekomoni di kuartal IV tahun ini dan tahun depan.

Pemulihan ini merupakan upaya penuh yang dilakukan Pemerintah dalam menekan penurunan di sektor ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

“Kemampuan beradaptasi diharapkan terjadi tidak hanya sekedar bangkit akan tetapi ekonomi menjadi pulih secara penuh, hal ini adalah tantangan kita di kuartal IV dan tahun 2021”, kata Sri Mulyani dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Kim Jong-un Perintahkan Isolasi Wilayah dengan Ketat, Sebagian Penduduk Korea Utara Nyaris Kelaparan

Sri Mulyani menyatakan kondisi perekonomian saat ini sudah mengalami pembalikan yang tadinya sangat tertekan menjadi lebih baik pada Kuartal III hal itu mampu meningkatkan pertumbuhan meskipun masih dalam zona negatif.

“Pembalikan kondisi ekonomi ini terjadi karena adanya dorongan dalam berbagai program PEN tahun ini yang memakan anggaran hingga Rp695,2 triliun dengan enam focus bidang”, ungkap Sri Mulyani.

Dalam diskusi daring itu, Sri Mulyani menyampaikan upaya menjaga momentum pembalikan menjadi pemulihan perekonomian, maka berbagai kebijakan yang mendukungnya harus terus ditekan hingga tahun 2021 yang tercermin dari APBN 2021.

Baca Juga: Pernikahannya Tertutup, Salah Satu Youtuber Indonesia: Cuma Bisa Sediakan iPhone SE Buat Grand Prize

Sri Mulyani menyebutkan pada tahun ini anggaran belanja mencapai Rp2.739,2 triliun sedangkan pendapatan diperkirakan Rp1.699,9 triliun, maka defisitnya pun sebesar Rp1.039 triliun atau 6,34 persen dari PDB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat