kievskiy.org

Pemerintah Diminta Tegas Terbitkan Aturan TikTok Shop, Pakar Informasi Publik: Masa untuk Nikel Bisa?

Ilustrasi TikTok.
Ilustrasi TikTok. /Pixabay/antonbe

PIKIRAN RAKYAT - Pakar dalam bidang keterbukaan informasi publik dan perlindungan data pribadi, Alamsyah Saragih, Alamsyah Saragih mendorong pemerintah agar perlu dan berani tegas menertibkan TikTok Shop. Aplikasi media sosial tersebut dinilai merambah e-commerce dan merugikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

"Berkaitan dengan Tiktok Shop yang punya impact ke UMKM, Pemerintah perlu berani dan tegas. Masa untuk nikel Pemerintah bisa tegas, untuk melindungi UMKM dalam negeri tidak?" kata Alamsyah dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 September 2023.

Menurut Anggota Ombudsman RI periode 2016-2021 itu, regulasi untuk mengatur e-commerce seperti Tiktok Shop mendesak agar dibuat dan diterapkan. Meskipun akan ada kesulitan dalam pelaksanaan, namun ke depan akan diperoleh masukan dari pelaksanaan agar menjadi lebih efektif. 

"Pemerintah mungkin ragu karena peraturan ini harus lebih tajam dan luas untuk bisa efektif, seperti perlu mengatur hingga pemanfaatan algoritma. Kemungkinan subtansi belum sampai ke sana," tuturnya.

Baca Juga: Pinjol Ilegal Kian Meresahkan, Penindakan Tegas dari Aparat Harus Lebih Masif

Oleh karena itu Alamsyah juga menyarankan untuk dilakukan konsultasi dengan melibatkan stakeholder yang lebih luas sebelum disahkan, agar kemanfaatan bisa lebih dipastikan sebelum disahkan.

"Hal lain mungkin pihak Tiktok berhasil meyakinkan bahwa kehadiran mereka justru menguntungkan kepentingan nasional," ujarnya.

Selain itu Alamsyah menyebutkan, Pemerintah juga bisa menjadi inisiator untuk melakukan pertemuan-pertemuan multilateral dalam isu ini.

Dalam hal ini Koordinator Perekonomian mesti menjadi pemimpin dalam menginisiasi aturan ini. Terlebih, regulasi tersebut melibatkan banyak kementerian lintas sektor.

Baca Juga: Sejarah Sholat Istisqa, Ketika Semut Minta Hujan Turun di Tengah Kekeringan dan Diikuti Nabi Sulaiman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat